Kiat Memilih Pelembab Kulit dan Bibir [wikiyeah]

Kiat Memilih Pelembab Kulit dan Bibir

PinkKorset.com, Jakarta – Kulit atau pun bibir kering perlu pelembab untuk menjaganya tetap sehat. Apa kiat memilihnya?

Kulit dan bibir kering menjadi masalah karena akan memicu peradangan. Mengoleskan pelembab pada kulit maupun lip balm di bibir menjadi langkah paling praktis.

Bagi Anda pemilik kulit sangat kering, sebaiknya memilih pelembab yang memiliki kandungan minyak yang tinggi (extra dry skin).

Tapi, bila kulit tidak terlalu kering bisa menggunakan pelembab berbahan dasar air dan sedikit kandungan minyak.

Gunakan pula pelembab yang dapat menjaga kelenturan kulit. Pelembab yang mengandung gliserin, dimethicone, hyaluronic acid dan urea 20 persen bisa mempertahankan kelenturan sekaligus kelembaban kulit.

Pelembab hipolaergenik sebaiknya digunakan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

“Pilih pelembab tanpa pewangi, pewarna atau bahan tambahan lain yang membuat reaksi alergi,” kata dr. Sari Chairunnisa, SpKK dari Bamed Skin Care saat dijumpai dalam acara Kiat Cantik Melalui Peremajaan Kulit yang Individual di Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Bila Anda ingin merasa lebih aman dari paparan bahan kimia bisa memlih pelembab alami.

Minyak zaitun bisa menjadi pelembab yang ramah dan nyaman bagi kulit Anda. Hanya saja kulit berjerawat, flek hitam maupun berminyak tidak disarankan mengoleskan minyak zaitun.

Memilih lip balm untuk kulit kering pun tidak jauh berbeda dengan pemilihan pelembab kulit.

Menggunakan lip balm berwana atau polos kembali kepada selera Anda. “Pastikan tidak ada keluhan setelah menggunakan lip balm,” ucap dr. Sari.

Keluhan ini berupa alergi yang timbul berupa bibir kemerahan, perih dan gatal. Bila efek samping itu muncul, segera menghentikan pemakaian lip balm.

Lip balm polos atau murni berbahan dasar vaselin atau petrolatum jelly bisa menjadi pilihan bagi bibir sensitif.

Tetapi, Anda tetap disarankan tidak membasahi bibir dengan liur. Enzim saliva dalam liur membuat bibir justru bertambah kering.

Lagi-lagi bahan alami bisa menjadi alternatif pelembab. Madu dan minyak zaitun yang dioleskan pada bibir juga bisa membantu melembabkan.