Manfaat Yoga Bagi Perempuan [vagendamagazine]

Manfaat Yoga Bagi Perempuan

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini Yoga banyak digemari kaum perempuan karena lebih rileks dilakukan ketimbang olah raga lainnya.

Gerakan-gerakan pada yoga selain melenturkan tubuh, juga memberikan manfaat kesehatan. Apa saja?

Instruktur yoga Billy Saputra Gani mengatakan, latihan yoga menambah kekuatan, kelenturan dan kesabaran. Setiap gerakan pun membutuhkan latihan pernapasan.

“Dengan begitu, yoga otomatis mempermuda dan mempercantik diri dari dalam dan luar,” katanya di Jakarta baru-baru ini.yoga1

Olah raga ini dapat dilakukan anak muda sampai manula. Namun, Billy menyarankan bagi pemula mengikuti kelas yoga agar memahami setiap gerakan.

“Banyak gerakan yoga yang rumit dan bisa membahayakan. Sebaiknya ikuti kelas yoga dengan guru kompeten. Setelah paham, bisa melakukan sendiri di rumah,” ujar Billy yang juga presenter Les Mills Bodypump, Asia Pacific-South East Asia.

Billy-Saputra-GaniPada dasarnya yoga terdiri atas beberapa variasi, seperti Ashtanga, Hatha, Vinyasa dan Acroyoga. Namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan yoga, yakni tidak memaksakan tubuh.

“Selalu membuka pikiran untuk saling menghargai masing-masing aliran yoga dan menikmati setiap suasananya,”katanya.

Pendiri dan pemilik Bilgym ini mengatakan, variasi yoga dapat lebih maksimal bila dilakukan pada waktu tepat. Ia menyarankan latihan vinyasa yoga di pagi hari untuk kebugaran.

Kemudian malam hari melakukan gerakan yoga yang pelan dan tenang agar tidur lebih lelap. Selanjutnya siang hari dapat melakukan gerakan apa pun supaya tetap fit.