Mengapa Kata Mayday Digunakan Saat Darurat?

PinkKorset.com – Kata Mayday kerap terdengar melalui transmisi radio, saat pesawat atau kapal mengalami kondisi darurat.

Kata Mayday sebenarnya berasal dari bahasa Prancis, m’aider, yang artinya ‘tolong aku’. Kata ini ditemukan oleh Frederick Stanley Mockford pada 1923.

Petugas radio senior di Bandara Croydon di London, Inggris ini sebelumnya ditugaskan mencari kata yang mudah digunakan oleh semua  pilot dan dimengerti petugas di darat saat berada dalam keadaan darurat.

Kata pengganti kode morse SOS ini sangat dibutuhkan, karena komunikasi radio semakin sering digunakan. Sementara kata seperti help bukanlah pilihan yang bagus, karena digunakan sehari-hari dalam percakapan bahasa Inggris, bukan dalam keadaan darurat.

Frederick pun mendapat ilham ketika sedang mengatur lalu lintas penerbangan antara Croydon dengan bandara  Le Bourget di Paris, Prancis.

Mengapa Kata Mayday Digunakan Saat Darurat?

Empat tahun kemudian pada 1927, International Radiotelegraph Convention of Washington menetapkan mayday sebagai kata darurat resmi. Pengucapan mayday juga harus dilakukan tiga kali berturut-turut, agar bisa dibedakan dengan jelas dari kata lainnya bahkan dalam keadaan berisik.

Di Amerika Serikat, penyalahgunaan kata mayday bisa berakibat tuntutan enam tahun penjara serta denda sebesar sekitar 250 ribu dolar AS.