Menu Santap Siang Titanic Dilelang [abc7ny]

Menu Santap Siang Titanic Dilelang

PinkKorset.com – Menu makan siang para bangsawan di kapal pesiar fenomenal, Titanic, akan dilelang hampir Rp1 miliar.

Selembar kertas tertanggal 14 April 1912 dengan logo White Star Line itu muncul di rumah lelang daring, Invaluable, dengan harga lelang mencapai US$70 ribu atau sekitar Rp984 juta.

Menu santap siang yang berusia lebih dari satu abad tersebut cukup lezat. Terdiri dari daging kambing panggang, daging kornet, daging babi, daging sapi, prasmanan masakan ikan, kue apel meringue, kentang tumbuk, kentang goreng, kentang panggang, serta delapan keju pilihan dan puding krim susu.

Lowenherz, pemilik Lion Hearth Autographs, lembaga manuskrip langka sekaligus panitia lelang mengatakan, hanya ada dua atau tiga daftar menu santap siang terakhir kapal Titanic yang bisa diselamatkan.

“Ini bukan sekadar artefak anonim dari korban anonim. Ada semacam cerita seperti di balik sejarah perahu, orang-orang yang berada di dalamnya, bagaimana mereka di acara makan siang itu,” ujarnya.

Menurut Lowenherz, menu tersebut diselamatkan seorang penumpang bernama Abraham Lincoln Salomon, dan bagian belakangnya ditandatangani oleh Isaac Gerald Frauenthal, penumpang dari New York yang selalu makan siang dengan Salamon saat itu.

Menu tersebut dilelang beserta surat yang ditulis oleh seorang penumpang Titanic dan kursi alat penimbang badan. Semua artefak kuno tersebut milik para penumpang yang selamat dengan menumpang sekoci nomor satu.

Kapal pesiar Titanic tenggelam ke dasar Samudera Atlantik pada 15 April 1912. Pada pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, menuju New York, Titanic menabrak sebuah gunung es. Sekitar 1500 orang tercatat tewas dalam peristiwa tersebut.