Movember, Bulannya Peduli Para Lelaki [movember]

Movember, Bulannya Peduli Para Lelaki

PinkKorset.com – Jika Oktober didedikasikan untuk perempuan, khususnya kanker payudara, maka November ini untuk lelaki.

Istilah Movember sudah lama muncul. Berasal dari kata Bahasa Inggris ‘mustache’ atau kumis dan November, lahirlah kata tersebut.

Gerakan Movember dicetuskan pada 2003 di tempat yang sama seperti lahirnya Earth Hour, Australia. Tepatnya sekelompok lelaki yang ingin kumis ngetren lagi.

Mereka, Travis Garone dan Luke Slattery, mencari 30 lelaki lainnya untuk ikut tantangan ini. Para partisipan ini selanjutnya dikenal sebagai Mo Bros.

Rasanya sayang jika tujuannya hanya berkumis. Maka mereka membuatnya jadi gerakan besar. Yakni kepedulian terhadap kanker prostat.

Dua tahun kemudian, pada 2006, gerakan ini mencapai Selandia Baru dan mencatat lebih dari 65 ribu Mo Bros dan perempuan, dijuluki Mo Sistas, sudah ikut meramaikan.

Per 2014, gerakan Movember resmi diramaikan di 21 negara dengan hampir lima juta Mo Bros dan Mo Sistas yang sukses mengumpulkan US$649 juta sejak 2003.

Artinya, sudah ada 832 proyek terkait kesehatan lelaki yang didanai yayasan Movember sejak didirikan.

Movember Foundation pun tercatat di peringkat ke-72 daftar 500 LSM terbesar dunia dan sukses memberi pengaruh pada komunitas global.

Jika Anda, khususnya lelaki, ikut peduli dengan Movember, maka tumbuhkan kumis sepanjang bulan ini. Yuk, ajak semua lelaki yang Anda kenal.

movember-04