Mudahnya Belanja Online di Rakuten

PinkKorset.com, Jakarta – Ingin belanja secara online namun tidak punya rekening di bank?

Jangan khawatir. Kini pembeli di situs belanja online bisa membayar di Indomaret maupun mengambil barang yang dibeli melalui Circle K.

Cara ini diterapkan Rakuten Belanja Online (RBO) Indonesia untuk mengatasi keterbatasan orang Indonesia belanja online, karena tidak memiliki rekening di bank.

“Orang Indonesia 63,9% belum memiliki rekening bank. Itu juga artinya mereka tidak memiliki internet banking dan kartu kredit,” ucap Yasunobu Hashimoto, Direktur PT Rakuten Belanja Online dijumpai dalam Rakuten Expo 2015 di Jakarta, Kamis (4/6/2015).

Menurutnya, beberapa situs belanja menyediakan pembayaran di tempat (cash on delivery). Namun, bagi RBO, konsep tersebut sulit diterapkan, mengingat Indonesia merupakan negara yang besar dan luas.

RBO pun menggandeng Indomaret yang telah memiliki lebih dari 10 ribu outlet di seluruh Indonesia. Dengan sistem pembayaran bernama Indomaret Payment, transaksi pembayaran akan lebih mudah.

Dengan cara ini, nantinya pembeli yang melakukan pemesanan di situs RBO dan telah menerima email notifikasi berisi kode, dapat melakukan pembayaran di Indomaret terdekat.

Tak hanya itu, RBO juga akan menggandeng jaringan convenience store Circle K di Indonesia sebagai tempat mengambil barang pembelian.

Langkah ini ditujukan bagi pembeli yang ingin mengambil barangnya sendiri. “Ini salah satu solusi bagi pembeli yang tidak mau barangnya dikirim ke rumah maupun ke kantor,” ucap Yas sapaan akrabnya.

Namun, kedua sistem tersebut baru akan diimplementasikan hanya di wilayah DKI Jakarta. Pihaknya kini masih terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang (merchant).

“Kami sudah memberitahukan kepada para pedagang. Jika mereka bisa menerima sistem ini, maka mereka bisa mengambil uang tunai dari Indomaret,”ujarnya.