Nokia tak Bikin Ponsel Lagi [reuters]

Nokia tak Bikin Ponsel Lagi

Pinkkorset.com – Produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, membantah laporan sejumlah media yang menuliskan mereka akan kembali membuat ponsel.

Nokia menyangkal laporan sejumlah media Tiongkok bahwa mereka akan kembali ke pabrik untuk memproduksi ponsel, via fasilitas litbang di negara itu.

“Laporan itu palsu. Kami tak berencana manufaktur maupun menjual handset secara komersial,” demikian tulis Nokia di situs resminya.

Namun begitu, Nokia memang sedang melakukan analisa untuk kembali ke bisnis ponsel dengan memberi lisensi merek.

Tahun lalu, Nokia menjual unit bisnis ponselnya ke Microsoft dan dijual dengan nama Microsoft Lumia, membuat penggemar Nokia seluruh dunia bersedih.

Namun beberapa bulan kemudian, Nokia meluncurkan tablet yang diproduksi Foxconn, Taiwan, dengan niatan akan meluncurkan beberapa lagi.

Merek sejuta umat ini, dalam kontraknya bersama Microsoft, berjanji takkan masuk lagi ke segmen bisnis ponsel sebelum 2016.

“Tak masuk akal jika tak mengambil kesempatan itu,” kata kepala produksi di unit teknologi Nokia, Sebastian Nystrom, November 2014 lalu.

Baru bulan ini, Nokia mengumumkan akuisisi Alcatel-Lucent milik Prancis untuk menggenjot bisnis perlengkapan jaringan (network).

Perusahaan tersebut diincar banyak produsen mobil, juga Facebook dan jasa layanan penyedia taksi online, Uber.