Novel Senilai Ratusan Juta Dicuri [google]

Novel Senilai Ratusan Juta Dicuri

PinkKorset.com, Bogota – Novel edisi pertama berjudul One Hundred Years of Solitude yang ditandatangani pengarang terkenal Kolombia Gabriel Garcia Marquez hilang dicuri.

Buku terbitan 1967 tersebut hilang akhir pekan lalu dari lemari terkunci saat pameran International Book Fair di Corferias, Bogota, Kolombia.

Pameran yang didedikaskan pada almarhum Garcia Marquez bertemakan Macondo, kota fiksi Kolombia, kisah dalam novel tersebut.

Gabriel-Garcia-MarquezGabriel Garcia Marquez, pemenang Hadiah Nobel Sastra tahun 1982, adalah pengarang paling terkenal Kolombia. Kematiannya di Meksiko pada April 2014 menyebabkan peningkatan nilai edisi pertama novelnya.

Novel tersebut diperkirakan bernilai US$60.000 atau Rp780 juta tetapi pemiliknya mengatakan baginya buku tersebut tidak ternilai.

Pedagang buku langka Alvaro Castillo mengatakan ia membeli novel tersebut di sebuah toko buku di Uruguay, Montevideo pada 2006.

Garcia Marquez kemudian menandatangani kopinya dan mendedikasikannya kepada Castillo dengan kata-kata,” Kepada Alvaro Castillo, penjual buku tua, kemarin dan selamanya, sahabatmu, Gabo”.

Berikut pelbagai cover novel dalam beberapa terbitan.

One-Hundred-Years-of-Solitude