Obat Antidepresan Selama Hamil Sebabkan Bayi Autis [yahoo]

Obat Antidepresan Selama Hamil Sebabkan Bayi Autis

PinkKorset.com – Ibu hamil memang harus waspada mengonsumsi obat-obatan, terutama karena adanya dampak buruk jangka panjang bagi janin.

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal JAMA Pediatrics menyebutkan ibu hamil yang mengonsumsi obat antidepresan selama kehamilan di trimester kedua dan ketiga, berpotensi meningkatkan risiko memiliki bayi autis sebesar 87%, ketimbang ibu hamil yang tidak mengonsumsi obat-obatan antidepresan.

Peneliti juga menemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi jenis obat antidepresan golongan Serotonin Selective Reuptake Inhibitor (SSRI) berpotensi meningkatkan risiko autis hingga dua kali lipat pada janinnya.

Penelitian yang dipublikasikan Senin (14/1/20152) ini mengungkapkan bahwa jenis obat antidepresan yang membahayakan janin adalah  Zoloft, Prozac dan Celexa.

Profesor farmasi dari Universitas Montreal yang juga menjadi penulis di jurnal ini, Anick Berard, menyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi obat-obatan antidepresan.

Meski ada penelitian sebelumnya tentang risiko obat antidepresan pada janin, studi teranyar ini menunjukkan bahwa ada peningkatan risiko memiliki anak autis terkait dengan antidepresan.

Bahkan risikonya lebih besar ketimbang peningkatan risiko autisme yang berhubungan dengan depresi ibu.

”Dalam studi ini, depresi pada ibu hanya terkait pada 20% peningkatan risiko autisme,” katanya

Menurut Anick Berard, studi ini adalah yang pertama meneliti engukur risiko autisme berdasarkan jenis antidepresan yang dikonsumsi perempuan selama kehamilan, dan yang pertama untuk menemukan peningkatan risiko autis pada janin,” ujarnya.

Studi juga menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi beberapa jenis depresan pada enam bulan terakhir masa kehamilan, berpotensi memiliki anak autis, empat kali lebih besar ketimbang ibu hamil yang tidak mengonsumsi obat tersebut sama sekali.

Antidepresan adalah salah satu pengobatan yang sering diberikan selama kehamilan. Sekitar 7-13% perempuan hamil di Amerika mengonsumsi obat antidpresan saat berbadan dua.