Wi-Fi di Pesawat Tingkatkan Bahaya Terorisme [google]

Wi-Fi di Pesawat Tingkatkan Bahaya Terorisme

PinkKorset.com – On Board Wi-Fi alias fasilitas internet nirkabel dalam pesawat berpotensi meningkatkan bahaya terorisme atau pembajakan pesawat. Waduh!

Menurut laporan sebuah badan di Amerika Serikat (AS), penggunaan on board wifi dapat meningkatkan bahaya teroris atau pembajakan pesawat terbang komersial.

Saat ini perusahaan penerbangan di seluruh dunia meningkatkan pelayanan terhadap penumpangnya dengan memberikan layanan on board wifi.

Namun, layanan ini dapat membuat potensi kontrol terhadap sistem di kokpit diambil alih hacker dari pilot. Temuan ini diumumkan lembaga Government Accountability Office (GAO).

Hasil studi ini juga mengungkapkan, pengawas industri penerbangan AS (FAA) hendaknya memperketat sistem keamanan on board wifi sehingga tak disalahgunakan.

“Ini merupakan studi yang serius dan harus ditindaklanjuti FAA,” ujar politisi AS dari partai Demokrat di negara bagian Oregon bidang Transportasi dan infrastruktur, Peter DeFazio.

Sementara itu, FAA dan ahli sistem keamanan cyber telah berkoordinasi dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menggunakan filter firewall untuk meminimalisir pembajakan.

Pejabat FAA Michael Huerta setuju dengan temuan GAO dan berjanji akan bekerjasama secara intensif dengan pemerintah AS untuk meningkatkan keamanan industri penerbangan.