PBB Galang Dana Rp5 T Untuk Nepal [bbc]

PBB Galang Dana Rp5 T Untuk Nepal

PinkKorset.com – PBB meminta bantuan dana sebesar US$415 juta atau sekitar Rp5,3 triliun untuk membantu para korban bencana gempa bumi di Nepal.

Badan dunia tersebut mengatakan dana itu akan digunakan  untuk membantu pemerintah Nepal menyediakan bantuan darurat selama tiga bulan mendatang.

Koordinator PBB di Nepal, Jamie McGoldrick mengaku, bantuan untuk korban gempa sudah mengalami peningkatan. “Namun,  upaya masih harus digalakkan lagi demi memastikan bantuan vital mencapai semua korban bencana, khususnya yang tinggal di daerah terpencil,”ujarnya.

Pada Rabu (29/4), bantuan dilaporkan mulai mencapai kawasan-kawasan terpencil di dekat pusat gempa besar di Nepal, yang sejauh ini menewaskan 5 ribu jiwa dan mencederai 10 ribu lainnya.

“Medannya berada di tempat yang amat terpencil dan dibutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya,” kata juru bicara tentara, Jagdish Chandra Pokherel.

Situasi kacau di beberapa kota

Tingkat kerusakan yang diakibatkan gempa dan buruknya manajemen bencana Nepal membuat situasi menjadi kacau.

Di Kathmandu, polisi antihuru-hara bentrok dengan para warga yang berang atas lambannya penyaluran bantuan.

“Kami dibiarkan menderita kelaparan di tengah cuaca dingin dan pemerintah malah memberikan antrean,” kata Rajana, salah seorang warga yang mengantre bus menuju kampung halamannya.

Kekacauan tampak ketika sejumlah saksi mata mengatakan truk yang membawa air minum dicegat warga. Mereka lalu memanjat truk dan melemparkan air minum ke tengah kerumunan yang menunggu.

Sedangkan di Kota Sangachowk, warga yang marah memblokade jalan-jalan dengan ban bekas. Mereka menghentikan truk pengangkut beras dan kargo penyalur bantuan ke daerah lain.

Sumber: BBC