Pekerja di Bandara Jepang Adalah Robot ? [yahoo]

Pekerja di Bandara Jepang Adalah Robot ?

PinkKorset.com – Jepang memang kerap menjadi pinonir untuk teknologi canggih. Bandara di Negeri Sakura tersebut bahkan kini sudah memperkerjakan robot. Benarkah?

Pekerja di bandara Haneda saat ini bukanlah robot. Namun, mereka mengenakan perlengkapaan robotik untuk memudahkan melakukan pekerjaan berat.

HAL2

Perlengkapan berteknologi canggih bernama Hybrid Assistive Limb (HAL) ini membuat penggunanya memiliki kaki sekuat besi.

Dibuat oleh perusahaan Cyberdyne, alat ini digerakkan dengan signal bio-elektrik yang dikirim dari otak ke anggota gerak.

Jadi saat otak meminta lutut untuk ditekuk, HAL akan membantu kita melakukan perintah tersebut. Tidak hanya membantu pekerja memiliki kekuatan lebih saat jongkok, alat ini juga merupakan solusi dari masalah penyakit yang biasa muncul dari pekerja berusia lanjut.

HAL1

Alat ini memang didesain untuk membantu pekerja dan mengurangi risiko sakit pinggang saat mengangkat beban berat seperti bagasi dan kargo.

HAL memiliki berat sekitar 2,7 kilogram dan ia sudah dilengkapi dengan batre lithium spesial yang membuatnya dapat bekerja selama tiga jam.

Cyberdyne bahkan sudah memperkenalkan robot generasi selanjutnya yang bisa membantu proses transportasi dan pembersihan. Kedua robot ini bisa beroperasi tanpa campur tangan manusia.

Menarik, bukan?