Pesepeda di Paris Boleh Terobos Lampu Merah [mnn]

Pesepeda di Paris Boleh Terobos Lampu Merah

PinkKorset.com – Bila lampu lalu lintas menunjukkan warna merah, semua kendaraan harus berhenti. Namun pengendara sepeda boleh terus melaju.  

Situasi ini hanya terjadi di Paris. Di kota fesyen ini, pesepeda diperbolehkan menerobos lampu merah setelah uji coba menunjukkan hal itu tidak menyebabkan kecelakaan.

Ya. Uji coba pada 2012 menemukan bahwa pengendara sepeda yang diperbolehkan bergerak bebas, dapat menurunkan potensi tabrakan dengan mobil, termasuk kecelakaan yang disebabkan titik buta pengendara mobil.

Kantor wali kota Paris mengatakan skema itu akan diberlakukan di beberapa persimpangan di ibu kota Perancis itu dari Juli hingga akhir September. Perubahan itu diharapkan dapat membantu memperbaiki arus lalu lintas sepeda.

Ketika tidak ada lampu lalu lintas khusus pesepeda, mereka harus mengikuti instruksi lampu lalu lintas utama. Pengendara sepeda juga wajib mengalah pada pejalan kaki dan pengguna jalanan lainnya bila diperlukan.

Kendati boleh menerobos lampu merah, ada lampu lalu lintas khusus yang harus dipatuhi para pesepeda.

Lampu khusus yang dipasang di bawah lampu lalu lintas mobil di sejumlah persimpangan ini akan menunjukkan kapan sepeda bisa berbelok kanan atau terus melaju, meskipun lampu masih merah bagi pengendara mobil.

Paris memang berencana meningkatkan jumlah perjalanan sepeda dalam kota tiga kali lipat pada 2020. Jalur sepeda juga akan dibuat di sekeliling kota dengan 10 ribu tempat parkir baru untuk sepeda akan dipasang.

Hal ini menyusul pemberlakukan pembatasan jumlah mobil di jalanan pada Maret lalu. karena peningkatan polusi udara secara tiba-tiba. Kendaraan hybrid atau elektrik terhindar dari pembatasan itu.