Posisi Duduk Penyebab Sakit Punggung [google]

Posisi Duduk Penyebab Sakit Punggung

PinkKorset.com – Sebuah studi menunjukkan, bekerja dengan posisi duduk yang tidak baik, tidak fokus karena mendapat gangguan, dan lelah fisik serta mental menjadi penyebab utama sakit di punggung bagian bawah.

“Sakit punggung adalah keluhan utama setiap orang. Sakit punggung merupakan faktor utama yang menyebabkan tubuh menjadi tidak fit dan memberikan potensi penyebab penyakit lain,” ujar Manuela Ferreira, peneliti The George Institute for Global Health, dari Universitas Sydney, Australia.

Ferreira dan tim peneliti lainnya mewawancarai seribu orang yang memiliki keluhan pada punggungnya pada 2011 dan 2012 lalu. Mereka menanyakan 12 pertanyaan dalam dua jam sebelum merasakan sakit pada punggungnya.

Secara kesuluruhan, hampir semua merasakan sakit punggun pada pagi hari.

Para peneliti menemukan, posisi duduk yang tidak baik menjadi penyebab sakit punggung. Selain itu, mengambil barang atau obyek yang jauh dari jangkauan saat duduk bekerja menjadi penyebab tingginya resiko sakit punggung lima hingga enam kali lipat.

Gangguan saat bekerja, seperti interupsi berdiskusi dengan rekan kerja memberikan kontribusi 25% terhadap sakit punggung. Sedangkan kelelahan mental dan fisik juga meningkatkan resiko sakit punggu hingga empat kali lipat.

Studi ini tidak bisa menjelaskan mengapa aktivitas tertentu meningkatkan resiko sakit punggung lebih besar sedangkan aktivitas lainnya tidak berpengaruh.

Ferreira menjelaskan, sambungan tulang punggung lebih berisiko sakit di pagi hari. Ia mengatakan bahwa orang-orang yang biasa mengangkat beban berat terbiasa dengan aktivitasnya setiap hari, tapi harus perlu menjalani terapi.

“Sebanyak 10% populasi dunia menderita sakit punggung. Sayangnya, kami tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana mengatasi agar tidak sakit punggung,” ujar Ferreira yang mempublikasikan hasil studinya secara online di jurnal Arthritis Care and Research.

Ia menambahkan diet sehat dan olahraga teratur bisa menjadi salah satu solusi untuk terhindar dari sakit punggung.