Remaja Jadi Model, Ya atau Tidak? [bellapetite]

Remaja Jadi Model, Ya atau Tidak?

PinkKorset.com – Di balik dunia fesyen terdapat sejumlah fenomena yang mencengangkan. Mulai dari obsesi untuk bertubuh kurus hingga usia model yang dianggap terlalu muda.

Tak jarang, fenomena tersebut bermula dari rumah mode ternama yang reputasinya mendunia. Misalnya saja Chanel, yang baru mendaulat putri aktor Johnny Depp, Lily-Rose (16) sebagai model kaca mata.

Sofia Mechetner (14) dari Israel menjadi wajah baru rumah mode Prancis, Dior. Putri supermodel Cindy Crawford, Kaia Gerber (13), muncul di majalah CR Fashion Book, publikasi dua tahunan dari mantan editor Vogue Prancis, Carine Roitfeld.

Banyak pakar mengingatkan risiko model-model pada usia amat muda yang terlalu cepat diekspos industri fesyen. Mereka sudah merasakan tekanan untuk tampil cool dan stylish. Pada remaja ini stres mengenai penampilan mereka.

“Tubuhnya juga harus kurus agar bisa mengenakan busana. Mereka pun merasa lebih tak nyaman dengan penampilannya, ketimbang remaja biasa,” kata Dr. Carol Balhetchet, psikolog klinis dan direktur senior untuk youth service di Children’s Society Singapura.

Risiko lainnya, lanjut Dr Balhetchet, adalah predator seksual. Seorang model remaja yang tak mau disebut namanya, juga pernah mengungkap di industri ini banyak beredar rumor mengenai predator seksual yang mengintai.

“Biasa aman-aman saja jika lewat agensi. Tapi ada pula model-model yang langsung menghubungi fotografer via internet dan berakhir di kamar hotel,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, model-model remaja juga didekati lelaki yang jauh lebih tua di klub-klub malam atau acara fesyen lainnya. “Banyak diantara model ini tubuhnya tinggi dan terlihat dewasa. Lelaki tak tahu usia mereka,” papar Dr. Balhetchet.

Senada, Dr. Brian Yeo yang spesialis anak dan remaja di Brian Yeo Clinic Psychiatric Consultancy di Singapura mengimbau orangtua untuk menetapkan batasan-batasan sebelum mengizinkan anak jadi model remaja.

“Orangtua harus memastikan anak-anaknya tidak tereksploitasi dalam hal bayaran, jam kerja, dan di mana foto-foto mereka muncul. Juga tidur yang cukup dan merampungkan tugas sekolah, meski ada komitmen modelling,” katanya.

Model di bawah umur memang bukan hal baru di industri ini. Supermodel seperti Brooke Shields (50) dan Kate Moss (41) kabarnya mulai melenggak di catwalk sejak mereka berusia 15 tahun.