Sejuta Manfaat Baik Yogurt [thetimes]

Sejuta Manfaat Baik Yogurt

PinkKorset.com, Jakarta – Bisa dikatakan, produk fermentasi ini memiliki sejuta manfaat baik yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk mendapatkan nutrisi seperti pada susu sapi, yogurt bisa menjadi solusi bagi mereka. Kandungan laktosa dalam yogurt telah susut oleh fermentasi bakteri asam laktat.

Diantara manfaat baik yogurt lainnya adalah membuat kenyang lebih lama. Yogurt sangat baik dikonsumsi saat sahur karena mudah dicerna dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Juga, mengurangi bau mulut terutama saat berpuasa. Kandungan hidrogen sulfida dari bakteri probiotik dapat menurunkan bahan penyebab bau mulut.

Selain itu, membantu pembakaran lemak. Yogurt mengandung protein yang tinggi. Protein ini tersusun atas senyawa organik, asam amino, yang mampu membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Mengonsumsi yogurt tinggi protein, greek yogurt, sangat disarankan bagi orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Masih banyak manfaat yogurt bagi tubuh. Selain bisa membantu menurunkan berat badan, yogurt juga membantu mengontrol kadar gula dan lemak di dalma darah serta mengandung kalsium.

“Yogurt dapat mencegah tekanan darah tinggi, jantung koroner dan keropos tulang,” kata dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinis FKUI/RSCM.

Meski begitu, ia menyarankan yogurt plain dan rendah lemak. Walaupun sehat, bukan berarti hanya mengonsumsi yogurt saja.

“Konsumsi yogurt berlebih berpotensi malnutrisi akibat kurangnya asupan nutrisi mikro dari bahan makanan lain,” imbuh dr. Marya.