Selamat Tinggal, American Idol American Idol awalnya digawangi tiga juri, Randy Jackson, Simon Cowell dan Paula Abdul.

Selamat Tinggal, American Idol

PinkKorset.com, Los Angeles – Stasiun televisi Fox akan mengakhiri American Idol, salah satu pelopor kontes pencarian bakat yang terpopuler sedunia.

Setelah mengudara selama 15 musim tayang, Fox Television akan mengakhiri American Idol yang akan tayang terakhir pada Januari tahun depan.

“Kami tahu, mungkin sesaat lagi akan berakhir,” kata Presiden 21st Century Fox, Chase Carey, ketika tahun lalu mengumumkan rating American Idol turun.

Acara yang tadinya jadi andalan Fox dan pernah menyedot hingga 30 juta pemirsa ini memang mulai kehilangan minta.

Pada akhir musim tayang 2014 lalu, acara yang mempopulerkan Kelly Clarkson dan Carrie Underwood ini hanya ditonton 10,6 juta pemirsa.

Saingannya, The Voice yang dibesut televisi NBC, mampu mengumpulkan 11,6 juta penonton.

Season terakhir masih menampilkan Ryan Seacrest sebagai pembawa acara. Juga tiga juri yang saat ini menjadi andalannya, Jennifer Lopez, Keith Urban dan Harry Connick Jr.

American Idol lahir dari acara serupa di Inggris, Pop Idol, yang pernah tayang pada 2001-2003 dan dibesut salah satu juri pertama American Idol, Simon Cowell.

Setelah Amerika Serikat, American Idol pun mendunia hingga ke Indonesia. Namun muncul banyak pesaing mereka seperti The Voice, Rock Star, hingga X-Factor dan Got Talent.

Dua juri awal yang menemani Cowell adalah penyanyi Amerika, Paula Abdul, dan produser rekaman ternama, Randy Jackson.

Beberapa selebritas yang pernah jadi juri American Idol antara lain Ellen DeGeneres, Kara Dioguardi, Mariah Carey, serta pentolan Aerosmith, Steven Tyler.