Seperti Inikah Sinyal Wifi? [digitaltrends]

Seperti Inikah Sinyal Wifi?

PinkKorset.com – Sebagian besar dari kita menggunakannya setiap hari, meski tak bisa melihatnya dengan mata. Seorang mahasiswa menemukan cara agar kita bisa melihat sinyal wifi. Seperti apa?

Luis Hernan yang menuntut ilmu di Newcastle University, memproduksi serangkaian foto dengan eksposur tinggi yang mengungkap seperti apa sinyal wifi sebenarnya.

Lebih tepatnya, rangkaian cahaya terang yang ia sebut spectre atau dalam Bahasa Indonesia, hantu. Luis memproduksinya dalam proyek yang ia sebut Digital Ethereal, tahun lalu.

“Saya sebut spectre karena jaringan wireless mengingatkan saya akan hantu. Ada, tapi kita tak bisa melihatnya secara kasat mata,” katanya.

Lelaki yang sedang berusaha meraih gelar sarjana jurusan arsitektur dan desain interaktif ini terpesona dengan idenya untuk melihat jaringan wireless di sekeliling kita.

Foto-foto luar biasa tersebut ia jepret menggunakan instrumen yang didesain sendiri. Instrumen ini memindai jaringan wireless dan mengubahnya menjadi sinyal warna.

Sinyal warna ini mengikuti kekuatan wifi di sebuah ruangan. Mulai dari biru yang terkuat, hingga merah yang paling lemah.

Ia juga menciptakan aplikasi untuk Android, Kirlian, yang bisa diunduh gratis. Anda bisa menggunakannya untuk melihat kekuatan sinyal wifi.

“Saya ingin orang-orang terlibat dan menciptakan foto-foto mereka menggunakan aplikasi ini,” katanya.

Berikut foto-foto sinyal wifi hasil jepretan Luis Hernan.