‘Shave For Hope’ Demi Anak dengan Kanker [benzano]

‘Shave For Hope’ Demi Anak dengan Kanker

PinkKorset.com, Jakarta – Sebuah gerakan penggalangan dana dan potong rambut sebagai aksi moral terhadap anak dengan kanker.

Shave For Hope kembali hadir tahun ini. Gerakan ini mengajak masyarakat berpartisipasi mencukur rambut.

Aksi potong rambut, terutama hingga botak menjadi sebuah dukungan sosial untuk adik-adik yang sedang menjalankan kemoterapi. Pengobatan kanker melalui obat-obatan ini berimbas kerontokkan rambut.

“Kehilangan rambut sangat berat buat pasien kanker anak, khususnya perempuan. Mereka setiap hari menatap cermin dan merasa down,” kata Steny Agustaf Rahman, Penggagas Shave For Hope saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Atas dasar inilah gerakan sosial potong rambut diselenggarakan. “Kami potong rambut botak-botak buat kalian, jadi jangan berkecil hati,” katanya. Shave For Hope tahun ini berlangsung pada 11 Agustus 2015 – 6 September 2015.

Tak hanya menggalang aksi potong rambut, tetapi juga menggalang donasi. Setiap kepala yang dicukur dihargai Rp100.000 oleh donator dan dana ini akan disalurkan ke anak dengan kanker melalui Yayasan Pita Kuning Indonesia ( YPKI).

“Target tahun ini sebanyak 5.000 shavee (peserta) dan diharapkan terkumpul Rp500 juta,” ucap Steny. Walaupun saat ini baru terkumpul sekitar 2 ribuan shavee, Steny tetap semangat target ini tercapai.

“Target memang harus besar terlepas tercapai atau tidak. Target kami dua, membuat awareness dan mengumpulkan donasi hingga Rp2miliar,” ucapnya.

Target sebesar ini untuk membantu anak dengan kanker yang membutuhkan biaya pengobatan tidak sedikit. Setidaknya satu pasien kanker membutuhkan 300-400 juta per tahun.

Sebagai puncak acara, Shave For Hope akan digelar di Avenue of Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta dan dimeriahkan partisipan dari kalangan selebritas Tanah Air.

Artis-artis yang rela rambutnya dicukur antara lain Indra Bekti, Sogi Indra Dhuaja, Tora Sudiro, Danang Postman, Adit Insomnia, Ananda Omesh, Bertrand Antolin, Rhesa (Endah N Rhesa), dan Alexander Thian.

Selebritas perempuan pun ikut aksi ini, seperti Asty Ananta dan Jenny Jusuf.

Shave for Hope merupakan kampanye penggalangan dana sosial melalui aksi potong rambut untuk meringankan beban anak pasien kanker yang disalurkan ke Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (YPKAI).

Gerakan sosial cukur rambut ini didukung YPKAI, Asian Medical Students Association (AMSA) Indonesia dan Evio Productions. Kampanye tahunan ini telah dimulai sejak 2012, hanya saja sempat absen pada 2014 karena iklim politik Indonesia.

Pada 2013, gerakan ini telah menghimpun 3.281 peserta dan total dana Rp1,1 miliar.