Takut Laba-Laba? Ini Solusinya [spring]

Takut Laba-Laba? Ini Solusinya

PinkKorset.com – Anda takut laba-laba? Mungkin juga fobia atau arachnophobia? Jangan khawatir, ini solusinya.

Hanya butuh dua menit untuk mengusir rasa takut itu. Tidak mudah, karena Anda harus berdekatan dengan laba-laba jenis tarantula.

Dalam jurnal Biological Psychiatry disebutkan, ilmuwan University of Amsterdam bereksperimen dengan dasar rekonsolidasi. Yakni menguatkan atau melemahkan memori saat sedang aktif.

Ini berdasarkan riset sebelumnya yang menunjukkan memori rasa takut bisa dilupakan menggunakan obat-obatan ketika sedang aktif. Maka periset pun mengekspos 45 penderita arachnophobia dengan tarantula selama dua menit.

[tumblr]

[tumblr]

Selama masa itu, mereka diberu satu dosis propanolol sebagai beta blocker untuk merawat tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Mereka juga diekspos plasebo alias obat palsu yang tak memiliki efek.

Mereka yang diberi propanolol menunjukkan penurunan dalam ‘sikap menghindar’ dan kenaikan ‘sikap mendekat’ selama setehun sejak eksperimen dilakukan. Dengan kata lain, mereka tak lagi menghindari dan malah mendekati laba-laba.

Para relawan ini menerima sejumlah sesi terapi tingkah laku kognitif atau asupan obat harian secara bertahap sehingga terjadi penurunan gejala rasa takut yang kadang hanya bersifat sementara.

“Teknik serupa mungkin bisa digunakan untuk pasien anxiety dan PTSD (sindrom pascatrauma),” kata Merel Kindt yang menulis hasil studi ini.

Masih tetap takut? Anda yang berada dekat London Zoo bisa mendatangi tempat itu. Mereka menawarkan arachnophobia mengatasi rasa takutnya dengan hipnosis kolektif. Seorang staf berkata, 97% mau memegang laba-laba setelah pertemuan itu.