Teknologi & Kemitraan Cerdas di IIMS 2015 [dyandra]

Teknologi & Kemitraan Cerdas di IIMS 2015

PinkKorset.com, Jakarta – Masa depan industri otomotif Indonesia menjadi perhatian pemerintah di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Wapres Jusuf Kalla membahas seputar industri dan bisnis otomotif nasional terkini dan masa depannya.

Kini giliran Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membedah problema otomotif Tanah Air terkait transportasi publik.

Jonan  menjadi key speaker dalam forum talkshow bertajuk  Smart Technology Solution for Smart Transport yang digagas Dyandra Promosindo pada Kamis (20/8/2015) di IIMS 2015.

Bersama Jonan tampil juga pembicara dari PT Telkom, Terralogiq, Uber dan Grab Taxi, serta Bik-Bikesshare yang mengetengahkan teknologi masing-masing dalam peran serta menanggulangi problem transportasi berbasiskan teknologi.

Menhub mengakui, memang perlu cara cerdas untuk mengatur transportasi nasional dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang terus bergulir.

Sebab itulah ia menyambut kehadiran ojek sepeda motor dan taksi plat hitam berbasiskan aplikasi yang kini tengah ngetren.

“Itu proses bisnis, private to private reservation. Betul itu belum diatur dalam regulasi kita dan perlu diatur khususnya roda empat. Motor kan tidak mungkin dibikin plat kuning,” kata Jonan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, ini adalah contoh cerdas pemanfaatan teknologi untuk transportasi. Pemerintah akan menerapkan Automatic Traffic System (ATS).

“Itu sudah disiapkan dan saya kira ini adalah smart solution dari pemerintah untuk dikedepankan,” ucap Jonan sembari memaparkan beberapa poin plus dari sistem tersebut.

Terobosan-terobosan cerdas itu bisa datang dari mana saja, pihak pemerintah maupun swasta dengan sistem dan perangkat teknologi yang mereka miliki. Dinamika itu harus diwadahi karena lebih efisien dan simpel.