Tips Menjadi Penyanyi Sukses [thosehovercrafts]

Tips Menjadi Penyanyi Sukses

PinkKorset.com – Ingin menjajal profesi sebagai penyanyi? Ternyata caranya tidak sulit. Apalagi setiap orang punya potensi sebagai penyanyi.

Ya. Pencipta lagu Bemby Noor mengatakan, siapa saja bisa menjadi penyanyi karena setiap orang sebenarnya memiliki potensi untuk bisa menyanyi dengan baik.

Aturan pertama yang harus diikuti adalah penguasaan nada. Menurut Bemby, meskipun hanya terdiri dari tujuh not, nada bersifat dinamis. Ini sebabnya, tidak semua orang yang menyanyi bisa sempurna dalam pitch atau bisa masuk dalam nada dasar sebuah lagu dengan tepat.

Namun, ia menilai, kekurangan-kekurangan tersebut sebenarnya bisa dikondisikan. Salah satunya dengan menyederhanakan nada. ”Semakin ia kurang dalam musikalitas, maka lagu dibuat semakin sederhana,”ujarnya.

Ia mencontohkan lagu ’Potong Bebek Angsa’ yang dapat dinyanyikan dengan benar karena mudah. Ini menunjukkan bahwa semua orang sebenarnya punya potensi menyanyi, ”Tinggal bagaimana kita (pencipta lagu) mengarahkannya,” katanya.

Setelah menemukan potensi, seorang calon penyanyi perlu kiat khusus sebelum terjun di dunia musik profesional, yakni harus siap vokal dan dapat belajar sendiri. “Kalau otodidak bisa mendengarkan lagu-lagu orang. Paling tidak bisa belajar dari orang tersebut dan ter-influence,” kata salah satu personel grup musik 3Composer.

Selanjutnya adalah mengenai penampilan diri di panggung. Bagaimana membawakan lagu di panggung. “Kemampuan itu harus dilatih dan grogi menjadi kendala utama. Grogi bisa bikin lupa lirik dan bersuara fals. Itu wajar untuk pemula,” urai Bemby.

Terakhir adalah kombinasi vokal dan kepercayaan diri. “Perpaduan ini akan hasilkan body language, tatap mata, dan akhirnya bisa menghadirkan karya dengan penampilan baik,” katanya.