Usaha Makanan Bagi Keluarga Pra-Sejahtera [saratoga]

Usaha Makanan Bagi Keluarga Pra-Sejahtera

PinkKorset.com, Jakarta – Puluhan perempuan dari keluarga pra-sejahtera mendapat bantuan usaha melalui program “Perempuan Hebat, Perempuan Mandiri”.

Dalam upaya membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk., melakukan kegiatan CSR melalui program “Perempuan Hebat, Perempuan Mandiri”.

Program pemberdayaan perempuan ini menggandeng Unilever Food Solutions (UFS) dan Yayasan Sosial Mien R. Uno Foundation (MRUF). Perempuan menjadi titik utama dalam program ini.

“Ini inisiatif Saratoga untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai kewirausahaan dan pengelolaan uang dalam menjalankan bisnis. sehingga mampu memperkuat posisi keuangan dalam perbaikan kesejahteraan keluarga,” ungkap Sandiaga S. Uno, Presdir Saratoga dalam peresmian program Perempuan Hebat, Perempuan Mandiri di Jakarta, Rabu (29/4/2015).

Hal tersebut selaras dengan fakta di lapangan bahwa perempuan memegang peranan penting dalam ekonomi keluarga meskipun merekaa belum banyak yang memahami literasi keuangan.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah (UMKM) menyebutkan sekitar 60% UMKM di Indonesia dimotori oleh perempuan.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menemukan 51% keuangan keluarga di Indonesia ditentukan perempuan. Namun, hanya 19% perempuan yang sudah melek keuangan dan angka tersebut masih di bawah laki-laki sebesar 25%.

Melalui program ini, sebanyak 80 ibu dari keluarga pra-sejahtera diberikan bantuan modal barang dan pelatihan menjalankan usaha kuliner.

Mereka terhimpun dari tiga koperasi berbasis syariah Baitul Maal wa Tamwil (BMT) di wilayah Tanah Abang, Gandaria, Ciputat dan Bogor.

Ibu-ibu berusia antara 17-40 tahun ini berasal dari keluarga tidak mampu yang hanya memiliki penghasilan Rp 500 ribu – Rp 1 juta per bulan. Program ini merupakan kick off dan akan berlangsung selama satu tahun.

“Ibu-ibu ini akan diberikan pelatihan dan evaluasi setiap 3 bulan sekali selama satu tahun. Materi pelatihan diberikan oleh pihak UFS dan MRUF,” kata Ira Dompas, Corporate Secretary Saratoga, pada kesempatan yang sama.

Melalui program ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan teknik memasak, keamanan makanan, strategi memulai usaha, teknik pemasaran & operasional serta cara membuat laporan keuangan.

Saratoga memberikan bantuan melalui MRUF dalam bentuk uang yang akan diberikan kepada koperasi-koperasi. Koperasi tersebut akan merubahnya menjadi modal barang yang disesuaikan dengan kebutuhan para ibu.

“Sementara ini nilai bantuannya kurang lebih Rp 1 juta per orang. Kita lihat perkembangannya seperti apa dan dipantau secara berkala,” ucap Ira.

Meningkatkan literasi keuangan ibu-ibu muda dari kalangan keluarga pra-sejahtera adalah tujuan utama kegiatan ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan penghasilan keluarga perbulan bisa meningkat. Kami berharap bisa melakukan program ini di wilayah lain, misalkan Banjarmasin dan Surabaya,” tutup Ira.