Waduh, Pisang Bakal Punah? [wikipedia]

Waduh, Pisang Bakal Punah?

PinkKorset.com – Sebuah studi terbaru menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan. Buah pisang disebut-sebut akan segera punah. Waduh!

Hasil studi yang dimuat jurnal PLOS Pathogens ini memprediksikan, pisang akan punah karena serangan jamur Tropical Race 4. Hingga saat ini, belum ditemukan cara untuk memusnahkan jamur tersebut.

Penyakit yang kemudian dikenal sebagai ‘Panama disease’ tersebut merupakan kabar buruk bagi industri senilai 11 juta dolar ini. Menurut Quartz.com, penyakit ini sudah ada sejak 1960-an, menyerang Asia Timur dan Tenggara.

Namun baru-baru ini, Panama disease dilaporkan terus melompat-lompat dan kabarnya tinggal menunggu waktu hingga sampai ke Amerika Latin yang merupakan lokasi mayoritas lahan penanaman pisang.

“Kami tahu Tropical Race 4 asalnya dari Indonesia dan menyebar. Kemungkinan ke Taiwan, Tiongkok dan kemudian ke seluruh Asia Tenggara,” kata pakar pisang di Wageningen University dan Research Centre Belanda, Gert Kema.

Kema yang salah satu penulis studi ini mengungkapkan kepada Quartz.com, jamur Tropical Race 4 sudah sampai ke Pakistan, Libanon, Jordania, Oman, Mozambik, serta bagian timur laut Queensland, Australia.

Tapi ini bukan berarti Anda mulai menimbun pisang. Quartz melaporkan, Taiwan yang -menemukan penyakit ini di pisang-pisang mereka pada 1960-an, baru berubah pasokannya 55 tahun kemudian. Taiwan kini memproduksi hanya 2% dari pasokan ketika itu.

Penyebaran penyakit ini terjadi karena pisang komersial merupakan kloning satu dengan lainnya atau dengan kata lain, monokultur. Mereka tak bisa bereproduksi secara seksual maupun berevolusi, sehingga tak berdaya melawan serangan jamur.

Untungnya, pisang adalah buah yang digemari seluruh dunia. Ekspor pisang hanya 18% dari total produksi. Sebagaian besar pisang ditanam oleh petani kecil di negara miskin karena buah tersebut adalah bahan makanan utama.