Warna Mata Deteksi Alkoholik [abcnews]

Warna Mata Deteksi Alkoholik

PinkKorset.com – Potensi ketergantungan seseorang pada alkohol ternyata bisa dilihat dari warna matanya.

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Medical Genetics mengungkapkan adanya hubungan genetik antara alkohol dan warna mata.

Studi yang dirilis pekan ini menggunakan sampel genetik dari 1.263 orang yang memiliki ketergantungan pada alokohol. Mereka menemukan bahwa orang dengan warna mata lebih cerah, terutama warna mata biru, lebih berpotensi menjadi alkoholik.

“Penelitian ini menunjukkan kemungkinan menarik, bahwa warna mata dapat digunakan untuk mendiagnosa ketergantungan seseorang pada alkohol,” ujar Arvis Sulovari, salah satu peneliti dan mahasiwa doktor untuk sel, molekul, dan biomedical di University of Vermont.

Sulovari dan ketua riset Dawei Li, profesor mikrobiologi dan molecular di University of Vermont, mengatakan nantinya akan ada satu gen penentu yang bisa menghentikan alkoholik.

Bagaimanapun, pengetahuan tentang genetika ini, memungkinkan ilmu kedokteran ke depannya bisa mengidentifikasi gen spesifik yang memiliki risiko penyakit tertentu, termasuk alkoholik, dengan melihat warna mata atau warna rambut.

Li mengatakan bahwa riset lebih lanjut dibutuhkan untuk mengkonfirmasi temuan awal. “Alkoholik adalah masalah yang kompleks. Ada banyak gen dan banyak pula pemicu lingkungannya.”

Li pun menambahkan, masih dibutuhkan studi yang lebih mendalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.