Waspada! Dering Ponsel Ganggu Janin [babyinwomb]

Waspada! Dering Ponsel Ganggu Janin

PinkKorset.com – Sebuah penelitian membuktikan, nada dering ponsel ibu hamil ternyata dapat mengganggu siklus tidur janin yang dikandungnya.

Temuan ini didasarkan pada studi kecil yang dilakukan untuk mengetahui reaksi janin saat mendengar nada dering dan getar ponsel yang digunakan dua puluh empat ibu hamil yang bekerja sebagai dokter.

“Kami ingin melihat apa perangkat ponsel dapat berpengaruh terhadap janin,” ujar penulis studi Dr Boris Petrikovsky, seorang profesor kebidanan dan ginekologi, dan direktur kedokteran ibu dan janin di Wyckoff Heights Medical Center di kota New York, Amerika Serikat (AS).

Menurut Petrikovsky, ibu hamil merasa tak nyaman jika janin terbangun akibat mendengar nada dering ponsel. Akibatnya, ibu dan bayi sama-sama terganggu.

“Suara, dan bahkan mungkin getaran, menyebabkan reaksi yang menganggetkan sehingga mengganggu siklus tidur normal,” tambahnya.

Namun penelitian ini tidak menyebutkan dampak jangka panjang jika hal ini terus terjadi berulang-ulang hingga bayi yang dikandung lahir ke dunia.

Penelitian sebelumnya menyarankan dokter perempuan yang sedang mengandung, rentan terhadap komplikasi kehamilan umum seperti prematur, tekanan darah tinggi, dan bobot bayi rendah.

Tapi karena sifat dari tugas mereka, pelaku medis sering membawa ponsel dekat dengan tubuh mereka.

“Kita tidak bisa mengatakan secara pasti hal ini menyebabkan risiko kehamilan yang lebih tinggi. Tapi pastinya, siklus perilaku janin yang normal pasti terganggu atau terputus oleh seringnya penggunaan ponsel,” ujar Petrikovsky.