Yuk, Cuci Tangan Pakai Sabun [google]

Yuk, Cuci Tangan Pakai Sabun

PinkKorset.com – Tangan yang terlihat bersih belum tentu tidak mengandung kuman penyakit. Itulah pentingnya kesadaran mencuci tangan pakai sabun.

Mencuci tangan dengan sabun memang sederhana, tetapi manfaat yang diperoleh sangat luar biasa, seperti mencegah penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Sebuah jurnal  Environmental Research and Public Health mengatakan bahwa “Saat seseorang mencuci tangannya dengan sabun dan air menghilangkan 92% organisme (penyebab penyakit infeksi) di tangan.”

Pernyataan ini diperkuat riset yang menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare, infekai Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan flu burung, bahkan disarankan untuk mencegah penularan influenza.

Sayangnya, pentingnya perilaku sehat cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyakit-penyakit menular masih belum dipahami masyarakat secara luas dan praktiknya pun masih belum banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah yang melatarbelakangi gerakan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Tema global HCTPS di tahun ke-8  ini adalah “Raise a Hand for Hygiene”. Sedangkan, di Indonesia, Tema nasional yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI adalah “Tangan Bersih Pangkal Sehat”.

HCTPS merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bekerja sama dengan berbagai organisasi lainnya, baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun.

Kampanye ini adalah upaya memobilisasi jutaan orang di seluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Aksi ini dipelopori oleh Kemitraan Pemerintah dan Swasta untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (The Global Public-Private Partnership for Handwashing with Soap) serta didukung PBB.

Salah satu tujuan kampanye ini adalah penurunan angka kematian anak-anak, sebab lebih dari 5.000 anak balita penderita diare meninggal setiap harinya di seluruh dunia, karena kurangnya akses air bersih serta fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan.

Perilaku hidup sehat seperti mencuci tangan dengan sabun harus mulai dibiasakan mulai sejak usia dini. Perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50%.