Pertempuran Sengit di Libya [google]

Pertempuran Sengit di Libya

PinkKorset.com, Jakarta – Sepanjang film, 13 Hours menyuguhkan ketegangan dalam kemelut baku tembak yang berdasarkan kisah nyata buku karya Mitchell Zuckoff ini.

Sutradara pakar efek ledakan Michael Bay tampaknya hanya menurunkan tensi di awal dan akhir film. Kisah nyata ini bersetting di Benghazi, Libya ketika kediaman Duta Besar Amerika Serikat Chris Stevens (Matt Letscher) diserang sekawanan gerilyawan.

Enam kontraktor keamanan swasta yang ditugaskan di tempat itu berjuang menahan serangan tanpa bantuan sama sekali. Krisis ini pun menjadi salah satu kejadian terburuk yang menimpa perwakilan AS di negara lain.

Dubes Stevens hanya didampingi dua staf Kementerian Luar Negeri yang minim pengalaman.  Sementara para Selain para kontraktor sewaan dari GRS (Global Response Staff) tinggal di pangkalan rahasia CIA, tak jauh dari kediaman dubes.

Apa yang mereka khawatirkan terjadi, kediaman Dubes Stevens ditembus dan ia tewas. Penyebabnya, pimpinan CIA setempat tak berani menurunkan kontraktor GRS dengan alasan keamanan.

Masalah selanjutnya timbul saat pemberontak bersenjata berat mengincar markas CIA tersebut. Sepintas, kondisinya mirip Black Hawk Down (2001) garapan Ridley Scott. Bila Scott pakar film kolosal, Bay lebih ke action.

Penonton bisa menikmati detil pertempuran sebagaimana film-film Transformers, The Island atau Bad Boys. Sarat adegan slow motion, non-stop action, close up motion kamera dari arah berlawanan yang merupakan trade mark Michael Bay.

Kelemahan naskah film berdurasi 144 menit ini ditutupi emosi tiap karakter yang digali satu persatu. Konflik antar personal dan keluarga diceritakan dengan detil walaupun sedikit ada ‘lubang’ di sana sini.

Jika Anda penggemar film aksi bersetting medan perang, 13 Hours sangat layak ditonton mengingat tak banyak film perang digarap dengan detil. Kisah heroisme ala Amerika memang menguras emosi.

13 Hours

Sutradara: Michael Bay

Produser: Michael Bay, Erwin Stoff

Skenario: Chuck Hogan berdasarkan ’13 Hours’ oleh Mitchell Zuckoff

Pemeran: James Badge Dale, John Krasinski, Max Martini, Dominic Fumusa, Pablo Schreiber, David Denman, Toby Stephens, Freddie Stroma

Produksi: 3 Arts Entertainment, Platinum Dunes

Distribusi: Paramount Pictures