2017, Timor Leste Masuk ASEAN [kirklandphotosblog]

2017, Timor Leste Masuk ASEAN

PinkKorset.com, Kupang – Negara separuh Pulau Timor, Timor Leste, akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Rahmat Pramono mengatakan, Timor Leste sudah mengajukan aplikasi untuk bergabung dengan ASEAN sejak Indonesia masih menjadi Ketua ASEAN pada 2011 silam.

Menurutnya, negara-negara anggota ASEAN lain pada prinsipnya menerima wilayah bekas jajahan Portugis dan eks provinsi ke-27 Indonesia itu menjadi anggota ASEAN. Namun perlu ada studi kelayakan yang mencakup tiga pilar, yakni politik dan keamanan, ekonomi dan sosial budaya.

“Untuk pilar Politik, Keamanan serta Ekonomi sudah selesai dikaji kelayakannya, sementara untuk Sosial Budaya mungkin pada akhir tahun ini sudah rampung sehingga tahun depan nanti sudah bisa dilakukan pengesahannya,” ujarnya usai Seminar Nasional Komunitas ASEAN di Kupang, Selasa (24/5/2016).

Selain itu, masih perlu dilakukan pengembangan sumber daya manusianya agar bisa membantu meningkatkan perekonomian di negara itu.

Timor Leste adalah negara yang baru merdeka pada 20 Mei 2002 melalui jajak pendapat pada Agustus 1999. Negara yang kini dipimpin Presiden Taur Matan Ruak itu memiliki populasi tidak mencapai satu juta jiwa.

Masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN akan menjadikan jumlah negara-negara ASEAN bertambah menjadi 11 negara. Saat ini negara-negara yang tergabung dalam ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Brunei Darusallam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.