Secercah Harapan di Bawah Tanah [phoenixnewtimes]

Secercah Harapan di Bawah Tanah

PinkKorset.com, Jakarta – Kisah nyata perjuangan 33 penambang Chile yang terjebak ratusan meter di bawah tanah dan misi penyelamatannya disaksikan seluruh dunia.

Pertambangan emas dan tembaga San José di Chile runtuh pada 5 Agustus 2010 lalu. Peristiwa ini langsung mendunia karena terdapat 33 penambang yang terjebak ratusan meter di bawah tanah.

Kisah nyata ini diangkat ke layar lebar dengan judul The 33. Film drama perjuangan 33 penambang melawan maut ini bermula saat rombongan asal Copiapó, Chile ini menyusuri ke dasar tambang San José.

Memang, lokasi tambang emas dan tembaga ini sudah cukup tua serta sewaktu-waktu dapat runtuh. Mandor tambang, Luis Urzúa (Lou Diamond Philips), sudah memperingatkan bahaya ini kepada pemilik tambang Namun, ia diabaikan.

Kekhawatiran pun menjadi kenyataan. Lokasi penambangan runtuh dan 33 penambang, termasuk Luis, terjebak di dalamnya. Mereka terjebak dan menanti bantuan dalam ruang penyelamatan di dasar pertambangan.

Pertambangan ini hanya memiliki satu pintu dan ventilasi vertikal. Saluran udara menjadi satu-satunya akses keluar. Sayangnya, tidak cukup tangga untuk mendaki ratusan meter ke atas.

Di ruangan pada kedalaman 700 meter ini tidak tersedia kotak P3K dan makanan terbatas. Para penambang panik. Seorang penambang, Mario Sepúlveda (Antonio Banderas), mampu mengendalikan suasana dan menjadikannya sebagai pemimpin.

Kejadian ini menjadi pemberitaan media massa internasional. Menteri Pertambangan Chile, (Rodrigo Santoro), langsung turun tangan memimpin penyelamatan 33 penambang. Misi ini tak mudah.

Sementara kondisi para penambang yang terjebak memprihatinkan. Cadangan makanan dan air semakin menipis. Satu per satu lemas, kesakitan, berhalusinasi dan hampir kehilangan akal sehat.

Bagaimana upaya penyelamatan ini berlangsung?

Film ini diadaptasi José Rivera dari buku Héctor Tobar yang berjudul ‘Deep Down Dark: The Untold Stories of 33 Men Buried in a Chilean Mine and the Miracle That Set Them Free’, diterbitkan pada (2014).

Tentunya, film berdurasi 127 menit ini dibuat lebih dramatis untuk menggugah emosi penonton. Seperti, perselisihan antar ras di kalangan penambang yang terjebak hingga halusinasi mereka.

Antonio Banderas menjadi sosok yang menonjol dan cocok memerankan tokoh Amerika Latin di film ini. Anda yang menyukai drama penyelamatan, akan menikmati film yang diangkat dari kisah nyata ini.

The 33

Sutradara: Patricia Riggen

Produser: Robert Katz, Edward McGurn, Mike Medavoy

Skenario: José Rivera

Pemain: Antonio Banderas, Rodrigo Santoro, Juliette Binoche, James Brolin, Lou Diamond Phillips, Mario Casas, Juan Pablo Raba, Kate del Castillo, Angie Del Carpio, Bob Gunton, Gabriel Byrne

Produksi: Alcon Entertainment, Phoenix Pictures, 360 Films

Distribusi: Warner Bros. Pictures, 20th Century Fox