Akhirnya, Reuni Po dan Sang Ayah

PinkKorset.com – Akhirnya kita mengetahui masa lalu Po si panda jago kung fu. Bagaimana ia terpisah dari orangtuanya?

Di film ketiga ini, Po akhirnya bertemu dengan sang ayah, Li Shan (Bryan Cranston) yang telah lama menghilang dan tinggal di bukit rahasia. Tak pernah ada yang tahu di mana bukit ini dan keberadaan panda menjadi sebuah legenda.

Master Shifu (Dustin Hoffman), guru Po dan kawan-kawannya, memutuskan berhenti mengajar. Po ditunjuk menjadi penggantinya. Artinya, ia harus mengajar Tigress (Angelina Jolie), Monkey (Jackie Chan), Mantis (Seth Rogen), Viper (Lucy Liu) dan Crane (David Cross).

Sementara guru besar Master Oogway (Randall Duk Kim) yang sudah tinggal di dunia roh diserang Kai (JK Simmons). Setelah mengalahkan Oogway, Kai membuka portal ke Bumi dan berniat menguasainya.

Bukannya mengajar, Po malah mengacaukan Istana Jade. Saat kembali ke kedai ayahnya, Mr Ping (James Hong), Po akhirnya bertemu Li Shan. Mr Ping luar biasa iri dengan pertemuan itu, mengklaim dirinya sebagai ayah Po. Apalagi, kelakuan Po mirip ayah aslinya.

Kai pun sampai di Bumi, membuat kekacauan. Ia hendak mencuri chi dari pendekar-pendekar hebat agar bisa lebih kuat. Kai hanya bisa dikalahkan oleh master chi, sesuatu yang belum dikuasai Po karena ia tak merasa tahu siapa dirinya.

Li Shan pun mengajak Po ke desa rahasia panda, untuk mengetahui  jati dirinya. Po setuju dan berharap ia dapat mempelajari chi dari panda. Apalagi, Oogway pernah menuliskan dirinya disembuhkan oleh para panda yang menguasai chi.

Satu persatu kawan-kawan Po diserang Kai dan Istana Jade rusak. Tigress berhasil kabur untuk memperingatkan Po. Lalu apakah Po belajar chi tepat pada waktunya sebelum Kai merusak dunia?

Kepiawaian produser mempertahankan nama besar pengisi suara layak diacungi jempol. Tak mudah mempertahankan formasi awal untuk terus menggarap tiga film dalam rentang enam tahun.  Namun, ceritanya memang tetap berbobot.

Sekian lama penggemar penasaran apa yang sebenarnya terjadi pada Po sehingga ia bisa diadopsi oleh Mr Ping yang seekor bangau. Sosok orangtua Po kerap muncul tapi hanya samar-samar dalam kilas balik ingatan masa kecil.

Akhir film ini cukup klimaks dan konklusif, seakan menutup seri Kung Fu Panda menjadi sebuah trilogi. Jika benar demikian, takkan ada masalah karena semua pertanyaan sejak Kung Fu Panda (2008) dan Kung Fu Panda 2 (2011) telah terjawab.

Kung Fu Panda 3

Sutradara: Jennifer Yuh Nelson, Alessandro Carloni

Produser: Melissa Cobb

Skenario: Jonathan Aibel, Glenn Berger berdasarkan karakter ciptaan Ethan Reiff & Cyrus Voris

Pengisi Suara: Jack Black, Angelina Jolie, Dustin Hoffman, J.K. Simmons, James Hong, Jackie Chan, Lucy Liu, Seth Rogen, David Cross, Bryan Cranston, Kate Hudson

Produksi: DreamWorks Animation, Oriental DreamWorks, China Media Capital, Shanghai Media Group

Distribusi: 20th Century Fox