Apa Saja Fungsi Kartu Jakarta One? [PinkKorset]

Apa Saja Fungsi Kartu Jakarta One?

PinkKorset.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta meluncurkan Jakarta One yang merupakan kartu multifungsi. Apa saja kegunaannya?

Kartu Jakarta One melingkupi fungsi identitas, akses layanan publik dan sebagai alat pembayaran.

Saat ini, kartu multifungsi tersebut sudah bisa digunakan untuk berbagai transaksi elektronik seperti electronic road pricing (ERP), bus, rumah susun, RSUD, BPJS, e-ticketing, parkir meter, apotek, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) hingga berbelanja.

“Sekarang kan sudah bisa untuk PKL, pelajar (KJP), rumah susun, termasuk para pedagang di pasar. Ini namanya jumbo card, semua bisa pakai satu kartu ini saja, jadi lebih efisien,” ucap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2 Juni 2016 kemarin.

Transaksi selanjutnya yang sedang dikembangkan yakni untuk utilitas air minum, PLN dan Telkom.

Ke depannya, fungsi Kartu Jakarta One akan lebih luas lagi, seperti transportasi, akses sarana kesehatan, pembayaran pajak, retribusi, dan lainnya.

Jakarta One juga akan menjadi sarana penyaluran kredit kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Tidak hanya itu. Jakarta One memiliki wacana dikembangkan untuk e-KTP. Jadi semua data bisa tersimpan di dalamnya. Namun, rencana tersebut masih perlu dikomunikasikan lebih lanktu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Saat ini, kartu jumbo ini hanya diterbitkan oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) DKI Jakarta. Namun, penyempurnaan terus dilakukan, sehingga pada 2019 kartu ini sudah bisa berlaku multi bank untuk semua warga Jakarta.

Cara Miliki Kartu Jakarta One

Kartu Ini Bisa Cegah Korupsi