Aplikasi Praktis untuk Info Kesehatan [PinkKorset]

Aplikasi Praktis untuk Info Kesehatan

PinkKorset.com, Jakarta – Masyarakat ibukota ternyata banyak yang melakukan observasi gejala penyakit di internet, sebelum ke dokter.

Begitu pesat perkembangan internet memudahkan masyarakat mengakses berbagai informasi kesehatan.

Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan Lifebuoy terhadap 40 ibu di Jakarta (2015) melansir bahwa sebanyak 90% peserta melakukan observasi gejala penyakit anak di internet sebelum membawa ke dokter.

Sayangnya, informasi yang disuguhkan cenderung kontradiktif dan membingungkan.

anak-sakit

Untuk menjawab kebutuhan itu, kini ada aplikasi mobile Berbagi Sehat. Aplikasi ini memudahkan Anda mengetahui jenis, pencegahan dan penanganan pertama penyakit infeksi kuman.

Data informasi aplikasi didukung 20 dokter umum dan 10 dokter spesialis yang tergabung dalam situs klikdokter.com serta bersumber dari buku dan jurnal kesehatan.

“Kami buat aplikasi ini agar ibu dapat mencari informasi pencegahan dan penanganan pertama saat keluarga sakit,” kata Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani saat Peluncuran Aplikasi Berbagi Sehat di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Aplikasi ini berisi 3 fitur utama, yakni Gejala dan Penyakit, Radar Gejala Penyakit dan Diary Kesehatan.

Layanan Gejala dan Penyakit layaknya kamus yang memberikan informasi indikasi, gejala dan penanganan pertama penyakit infeksi kuman. Anda cukup mengetik jenis keluhan kesehatan. Sementara terdapat 62 jenis penyakit, diantaranya disentri, TBC, campak dan sakit gigi.

Kemudian fitur Radar Gejala Penyakit menunjukkan peta wilayah wabah penyakit di lingkungan sekitar Anda.

Sementara Diary Kesehatan merupakan buku rekam medis dalam bentuk digital. Anda dapat mengisi catatan kesehatan anggota keluarga, diantaranya riwayat imunisasi, alergi dan penyakit turunan.

Saat ini aplikasi Berbagi Sehat tersedia gratis melalui Google Play. Sementara ketersediaan aplikasi berbasi iOS menyusul pada bulan depan.

“Selanjutnya, melalui aplikasi ini, kami akan mengembangkan live chat dan forum untuk berbagi informasi,” pungkasnya.

lifebuoy-aplikasi