Apple: Virtual Reality Bukan Masa Depan [blogs.solidworks]

Apple: Virtual Reality Bukan Masa Depan

PinkKorset.com – Banyak kalangan menyebut teknologi virtual reality (VR) akan menjadi masa depan dan simbol kecanggihan. Namun lain halnya dengan Apple Inc.

CEO Apple Tim Cook menyampaikan hal ini dalam sebuah wawancara di Utah Tech Tour di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS). Menurut Cook, teknologi yang akan menjadi masa depan adalah augmented reality (AR).

Apa bedanya? Pada VR, Anda diajak memasuki dunia lain menggunakan alat semacam kacamata dan sarung tangan atau penggerak khusus. Anda bisa melakukan apapun di dunia itu, seperti eksplorasi atau berinteraksi dengan berbagai obyek di dalamnya.

Pada AR, dunia nyata akan bergabung dengan VR. Salah satu contoh yang sedang menjadi tren adalah game Pokemon Go. Anda bisa melihat, misalnya, ikan hiu keluar dari gelas yang sedang dipegang. AR menawarkan kebabasan yang lebih banyak kepada penggunanya.

ar-vr

“AR, menurut saya, akan menjadi sangat besar. Sedangkan VR, takkan sebesar AR. Butuh waktu, karena AR memiliki tantangan teknologi yang besar. Tapi ini akan terjadi dan akan menjadi sangat besar,” kata Cook yang yakin manusia akan bertanya-tanya bagaimana selama ini bisa hidup tanpa teknologi AR.

Jawaban itu ia berikan setelah seorang penonton bertanya pendapatnya mengenai masa depan AR dan VR. Berdasarkan caranya menjelaskan, kemungkinan besar Apple akan lebih serius menggarap versi AR yang lebih mobile. Meski ia juga berkata, butuh waktu lama hingga Apple memiliki produk AR.

Perlu diketahui, Apple sudah lama tertarik mempatenkan teknologi AR untuk produk mereka sejak 2013. Tahun lalu Apple mengakuisisi Metaio, sebuah perusahaan di bidang AR. Apple pun bakal jadi yang terdepan dalam pengembangan AR seperti Microsoft yang mengeluarkan Hololens.

“Saya yakin ada jumlah populasi yang signifikan di negara maju dan pada akhirnya di semua negara, yang akan memiliki pengalaman AR setiap harinya. Sebagaimana Anda makan tiga kali sehari,” paparnya.