Arti SPF dan PA Sunscreen [discoverytaiwan]

Arti SPF dan PA Sunscreen

PinkKorset.com, Jakarta – Ketika membeli produk sunscreen atau sunblock selalu tertulis SPF dan PA dengan angka dan kode plus (+). Apa makna di balik tanda tersebut?

Tabir surya atau suncreen (sunblock) digunakan untuk melindungi kulit dari paparan radiasi ultraviolet khususnya dari matahari. Dalam kemasan produk perawatan kulit ini tertera kode Sun Protector Factor (SPF) dengan tingkat 15 hingga 70. Namun ada pula tercantum kode Protection Grade (PA) dengan tanda plus (+) satu hingga tiga.

Dermatologis dr. Mardiati Ganjardani SpKK mengatakan, SPF menandakan derajat perlindungan kulit akibat paparan radiasi UVB. Sedangkan PA adalah derajat perlindungan kulit terhadap radiasi UVA.

“Radiasi UVB menyebabkan kulit terbakar (sunburn) dan UVA menimbulkan penuaan dini,” ujarnya saat peluncuran Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Kode angka setelah SPF menyimbolkan durasi perlindungan kulit terhadap paparan UVB. Bila seseorang mulai timbul efek terbakar setelah 10 menit di bawah sinar matahari berarti SPF 15 dapat menahan 15 kali lebih lama. Ini dengan syarat, sunscreen dioleskan sebanyak 2 mg per cm kulit tubuh.”Namun, jumlah sunscreen sebanyak itu terlalu tebal digunakan pada kulit. Biasanya batas kenyamanan seseorang memakai sunscreen hanya 0,5-0,8 mg.”

Dokter yang berpraktik di Bamed Skin Care, Dharmawangsa Square ini menjelaskan, sunscreen harus digunakan berulang kali setiap 4-5 jam. Efektivitas sunscreen cepat pudar bila terbasuh air, termasuk keringat. “Selama 4-5 menit terbasuh, SPF menurun 80%,” katanya.

Tingkat SPF 15, 30, 50 dan 70, berarti melipatgandakan perlindungan. Namun penggunaan produk sunscreen dengan kandungan titanium oxide menimbulkan warna kulit kontras (terlalu putih) dibandingkan aslinya.

Untuk PA, pertambahan tanda plus melambangkan kekuatan mempertahankan kulit dari UVA berdasarkan rasio pigment darkening. Biasanya PA disematkan tanda plus satu (+) hingga empat (++++). “Efek UVA mampu merusak lapisan kulit dalam hingga bagian kolagen dan elastin,” katanya.

Salah satu produk yang membantu melindungi kulit dari UVB dan efek radikal bebas UVA adalah Skin Defence Multi-Protection Essence SPF 50 PA++++ dari The Body Shop Indonesia.

Sunscreen yang diperkaya ekstrak Red Algae, Vitamin C dan Community Fair Trade Marula Oil ini  diproduksi dengan 100% bahan vegetarian, tanpa parabens, mineral oils dan parafin tetapi juga diformulasikan lembut di kulit.

Perawatan kulit ini dilengkapi dengan rangkaian Drops of Light (Drops of Light Pure Clarifying Foam Wash, Drops of Light Pure Translucency Essence Lotion, Drops of Light Care Brightening Serum dan Drops of Light Brightening Day Cream.

Seluruh produk terbaru ini tersedia mulai 19 September 2016 dan dibanderol harga Rp279 ribu – Rp509 ribu.