Asal Mula Warna Feng Shui [etsy]

Asal Mula Warna Feng Shui

PinkKorset.com, Jakarta – Ilmu Feng Shui mengenal warna metalik, biru, merah, hijau dan kuning yang diinspirasikan dari benda langit. Apa saja?

Ahli Feng Shui, Erwin Yap mengatakan, ribuan tahun lalu Bangsa Tiongkok mengamati apa yang terjadi di langit dan pengaruhnya di bumi. Pengamatan ini merumuskan formulasi 5 warna sebagai simbol energi alam.

“Warna-warna ini disebut Qi of 5 Elements yang terincspirasi 5 planet di langit, yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus,” katanya saat peluncuran warna Monarch Gold, Dulux Colour of The Year 2016 di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Kelima planet ini menyimbolkan warna dan mengandung makna.

Merkurius
Planet terdekat dari Matahari ini memancarkan cahaya putih mengilap bila dilihat dari Bumi. Merkurius mewakilkan warna metalik dan diasosiasikan unsur logam.
Menurut pakar pembaca garis wajah, logam adalah satu-satunya unsur yang dapat membentuk unsur lain. “Misalkan pahat (logam) digunakan untuk membentuk kayu menjadi kursi,” katanya lagi.

Venus
Bila dipandang dari bumi, Venus berwarna biru. Warna tersebut diasosiasikan unsur air. Selain biru, warna hitam juga termasuk unsur air.

Mars
Planet ini mewakilkan warna merah atau pun jingga. Warna merah melambangkan unsur api.
Unsur ini merupakan satu-satunya yang dapat mengubah sifat unsur lain. “Misalnya api membakar kayu menjadi abu (unsur tanah),” ucap Erwin.
Erwin juga menambahkan, warna merah berkaitan dengan agama. Inilah yang menyebabkan Klenteng didominasi merah karena sifatnya yang mampu mengubah karakter seseorang.

Jupiter
Planet terbesar dalam sistem tata surya ini terlihat berwarna hijau. Warna ini melambangkan unsur kayu. Unsur kayu menjadi satu-satunya unsur yang hidup atau melambangkan pertumbuhan. “Itulah sebabnya sekolah-sekolah didominasi warna hijau,” katanya lagi.

Saturnus
Saturnus menjadi planet terjauh yang dapat dipandang oleh manusia di Bumi ribuan tahun silam. Planet ini memiliki cincin melingkar berwarna kuning. Warna ini melambangkan unsur tanah.
Planet ini sejak dulu diamati sebagai acuan prediksi hal negatif. “Saturnus pada posisi tertentu berkaitan bencana,” pungkasnya.