Bahaya Abaikan Gigi Sensitif [pinterest]

Bahaya Abaikan Gigi Sensitif

PinkKorset.com, Jakarta – Bila gigi Anda termasuk sensitif, segera temukan penanganannya.

Gigi sensitif kerap menimbulkan rasa ngilu bila mengonsumsi makanan dan minuman panas, dingin, manis dan asam. Namun, karena gejala ini sirna dengan sendirinya, banyak orang mengabaikan.

Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut drg. Sabai Asmaraghrya mengatakan, gigi sensitif disebabkan pengikisan lapisan email gigi sehingga dentin terbuka dan langsung berhubungan saraf. Ini sebabnya masalah gigi sensitif sebaiknya segera ditangani.

“Bila dibiarkan, akan terjadi peradangan gigi di bagian pulpa (saraf) lalu berakhir pada kematian gigi. Bakteri pun akan menyebar ke seluruh tubuh menyebabkan diabetes dan stroke,” katanya saat jumpa pers Sensodyne Sensociety di Jakarta, Sabtu (7/5/2016).

Dokter pemilik klinik gigi iDentalCare menjelaskan, munculnya gigi sensitif bukan tiba-tiba. Penipisan email gigi dipicu cara menyikat gigi kurang baik, sikat gigi kurang tepat, kebersihan mulut kurang baik, bleaching atau whitening gigi berlebihan dan konsumsi makanan asam.

“Paling sering disebabkan menyikat gigi terlalu ditekan dan bulu sikat gigi terlalu keras,” katanya lagi.

Untuk mencegah risiko gigi sensitif, sebaiknya menghindari semua faktor risiko tersebut. Termasuk gigi yang ditambal kurang baik dan kondisi gusi turun.

Bila mengalami masalah ini, sebaiknya periksakan ke dokter gigi. “Selain itu, lakukan juga menyikat gigi teratur dengan sikat dan pasta gigi khusus gigi sensitif,” pungkasnya.