Bakmi Sajian Terpopuler di Jakarta [pinkkorset]

Bakmi Sajian Terpopuler di Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Bakmi juga tidak kalah terkenal ketimbang bakso. Ada ribuan tempat makan yang menyediakan ragam bakmi di Jakarta.

Food traveller sekaligus peraih rekor MURI untuk ‘Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi terbanyak’, Tirta Lie mengatakan, ada ribuan tempat makan bakmi tersebar di seantero Jakarta dengan ragam paling variatif.

“Jakarta paling banyak tersedia jenis bakmi ketimbang kota lainnya di Indonesia,” ucapnya usai media gathering PergiKuliner di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Laki-laki yang telah menyambangi 1.000 tempat bakmi di Jakarta sejak 2010 ini menambahkan, bakmi di Jakarta tersebar di lima kawasan Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

Jakarta Barat dan Jakarta Utara menjadi wilayah paling banyak terdapat tempat makan bakmi. Kedua lokasi ini memang dikenal dengan konsentrasi permukiman keturunan Tionghoa (Pecinan) dari berbagai wilayah di Indonesia (Medan dan Pontianak). Sehingga sajian asal Tiongkok tersebut begitu menjamur di lokasi ini.

Banyak Bakmi Medan dan Bakmi Siantar bermunculan di kedai hingga restoran di Muara Karang dan Pluit, Jakarta Utara. Sementara bakmi Pontianak banyak berderet di wilayah Jembatan Lima, Kampung Krendang dan Pademangan, Jakarta Barat.

Selanjutnya tempat makan bakmi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan tidak sebanyak di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Namun, Anda lebih mudah menemukan bakmi halal di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Kemudian daerah Jakarta Timur terbilang paling ’miskin’ tempat makan dan variasi bakmi.

“Di Jakarta Pusat, Selatan dan Timur masih didominasi jenis bakmi ayam biasa,” sambungnya.

Laki-laki berlatar belakang pengusaha elektronik ini menghimpun ratusan tempat makan bakmi paling enak dengan rating tinggi (bintang 4 dan 5) ini di dalam blog miliknya. Tirta menambahkan, setiap tahun selalu mengumumkan 20 bakmi top (paling enak) dari kategori bintang empat dan lima.

Ia merilis 20 top bakmi bintang lima pada Agustus 2016. Beberapa bakmi tersebut yakni Bakmi Kepting Yam Mien 69 (Muara Karang), Bakmi Bangka 21 (Jelambar), Bakmi Furama (Hayam Wuruk), Bakmi Yong Yam (Mangga Besar Raya), Bakmi Sui Sen (Pasar Baru) dan Bakmi Berkat (Sunter).

Kepopuleran Tirta menghimpun tempat makan bakmi di Jakarta mengundang Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan Jakarta sebagai Kota Seribu Bakmi (Jakarta Thousand Noodle City).

“Nantinya gubernur Jakarta ingin menghubungkan ribuan tempat makan bakmi dengan BPOM agar sanitasi dan higiene dapat dikendalikan,” pungkasnya.