Berapa Suhu Ruang Kantor Terbaik? [wtutor.net]

Berapa Suhu Ruang Kantor Terbaik?

PinkKorset.com – Demi produktivitas dan kenyamanan karyawan, berapa derajat Celsius seharusnya suhu ruangan kantor Anda?

Perdebatan suhu ruangan terbaik di kantor tak pernah usai. Ada kolega Anda yang bekerja mengenakan jaket sepanjang hari. Ada pula yang mondar-mandir ke kamar mandi untuk mencuci muka karena kepanasan.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg kabarnya selalu meminta suhu udara pada 15 derajat Celsius. Sementara Presiden AS Barack Obama suka Ruang Oval panas, hingga seorang staf bergurau mengatakan anggrek bisa tumbuh di ruangan itu.

Mana yang benar? Ternyata selama ini, kita melontarkan pertanyaan yang salah. Berbagai riset telah dilakukan dan hasilnya sama saja. Bahwa menemukan suhu ruangan kantor yang memuaskan semua orang adalah hal mustahil.

“Masalahnya adalah mengukur suhu yang ‘tepat’ tergantung pada apa yang Anda ukur,” kata David Shipworth, periset di UCL Energy Institute, sebagaimana diberitakan BBC.

Sebuah studi pernah dilakukan terhadap sembilan karyawati. Pada suhu 25 derajat Celsius mereka mengetik tanpa henti dengan tingkat kesalahan 10%. Namun saat diturunkan lima derajat, produktivitas berkurang dengan kesalahan dua kali lipat.

Suhu ruangan kantor mempengaruhi produktivitas dan cara berpikir. Ruangan hangat cocok untuk kreativitas, sementara yang dingin cocok untuk pekerja monoton. Ruangan di atas 27 derajat Celsius tak cocok untuk berhitung.

Suhu ruangan bahkan bisa mempengaruhi kemampuan berkolaborasi. Sebuah studi terhadap 33 orang di ruangan hangat menunjukkan interaksi yang hangat diantara mereka.

Studi lainnya menunjukkan, suhu ideal untuk pekerjaan kantor ‘tipikal’ seperti melayani pelanggan atau memproses dokumen tertulis adalah 22 derajat Celsius. Namun begitu, daya tahan setiap orang memang berbeda.

Lebih baik jika di kantor ada tempat untuk menghangatkan dan mendinginkan tubuh. Bisa dikatakan, menggunakan trik psikologi untuk memuaskan semua orang sambil menghemat biaya listrik.

“Mengekspos diri Anda terhadap ruangan panas dan dingin bisa menjadi latihan kardiovaskular dan metabolisme,” kata Boris Kingma dari Maastricht University Medical Center di Belanda.

Sementara Shipworth memperkirakan, suhu kantor optimal untuk bekerja adalah 22-24 derajat Celsius.