Berburu Batik Pekalongan di Jakarta [Pinkkorset]

Berburu Batik Pekalongan di Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Anda pecinta batik Pekalongan tidak perlu pergi jauh ke tempat asalnya. Di Jakarta batik ini pun tersedia, khususnya di Grand ITC Permata Hijau.

Pekalongan dikenal pula sebagai sentra produksi batik pesisi. Tidak sedikit pula pecinta batik jenis ini mengingat ragam motif dan warna yang berlimpah serta ‘berani’. Warna batik Pekalongan kaya dengan warna khas pesisir seperti violet, hijau, biru, merah dan jingga. Bahkan pada batik motif Jlampang menggunakan tujuh hingga delapan warna. Begitu pula motif batik pesisir ini berlimpah ornamen garis dan titik.

Kini nuansa dinamis batik Pekalongan mudah dijumpai di Jakarta. Salah satunya berlokasi di Pusat Batik & Handicraft di lantai 2 Blok A & D, Grand ITC Permata Hijau, Jakarta. Sebanyak 70 pedagang Batik Pekalongan menjajakan aneka pilihan kain, pakaian dan aksesori batik tulis, cap serta printing dengan beragam jenis bahan kain.

ITC Division Head, Christine N. Tanjungan mengatakan, kehadiran Pusat Batik & Handicraft Grand ITC Permata Hijau menjadi tujuan turis maupun masyarakat pecinta batik dengan banyak pilihan.

“Yang terpenting kami menjamin mutunya dan corak batik yang menarik,” ujarnya dijumpai acara peresmian Pusat Batik & Handicraft Grand Permata Hijau di Jakarta baru-baru ini.

Berburu Batik Pekalongan di Jakarta

[Pinkkorset]

Di tempat ini, Anda dapat menjelajah koleksi batik Pekalongan meliputi pakaian dewasa dan anak serta kain yang dijual mulai puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Batik termahal di Pusat Batik & Handicraft Grand Permata Hijau adalah kain batik tulis motif lawas yang telah dipatenkan & tersertifikasi oleh penjual.

Sementara itu Walikota Pekalongan, H. Achmad Alf Arslan Djunaid, SE menambahkan, bentuk kerjasama ini menjadi jembatan untuk memajukan UKM Pekalongan dan melestarikan budaya bangsa.

“Kami senang dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi di ITC Grand Permata Hijau,” tambahnya.

Sebelumnya, Achmad cukup gencar mempromosikan batik Pekalongan di Jakarta. Pada Agustus 2016 lalu, ia bekerja sama dengan TM Mangga Dua Square memasarkan batik Pekalongan melalui Zona Batik Nusantara.