Bergaya Dengan Selembar Kain [galleribatikindonesia]

Bergaya Dengan Selembar Kain

PinkKorset.com, Jakarta – Selembar kain tanpa jahitan, ternyata bisa membuat Anda memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Menggunakan teknik mulas, selembar kain bisa disulap menjadi atasan atau bawahan tanpa perlu dijahit. Mulas adalah teknik melipat dan mengikat untuk menghasilkan suatu desain.

Keuntungan dari teknik ini adalah tidak merusak kain dan bisa digunakan secara berulang. Jika dijahit, kain hanya menciptakan satu desain, sedangkan dengan mulas bisa menciptakan beberapa desain.

Fashion stylish Sekar Larasati menuturkan, hal terpenting dalam teknik mulas adalah kreativitas. Teknik ini membantu orang-orang yang tidak bisa menjahit baju tapi ingin membuat sesuatu berbeda.

“Mulas paling enak dicoba ke badan sendiri sambil ngaca, ikat sana atau sini,” ujarnya pada Pinkkorset.com.

Agar bisa melakukan teknik ini, dibutuhkan latihan terus menerus. Jangan menyerah saat kehilangan kreativitas, karena menurut Sekar terkadang inspirasi datang ketika mencoba kain.

Jika bingung dalam membuat desain, bisa melihat koleksi dari majalah atau internet. Saat menemukan desain yang bisa dilakukan dengan mulas maka bisa diaplikasikan pada kain.

Teknik ini mengasah seseorang untuk berpikir bagaimana menyesuaikan kain sesuai keinginan. Tak hanya dililit atau diikat, peniti atau jarum bisa digunakan untuk memperkencang ikatan.

Sekar juga menjelaskan tidak ada ukuran kain khusus untuk membuat atasan atau bawahan. Seberapa panjang dan lebar kain, kembali lagi pada kreativitas per orang.

Teknik ini dapat diaplikasikan pada kain batik atau tenun serta kain lainnya.