Bertemu Keluarga Pasangan, Siapa Takut? [popsugar]

Bertemu Keluarga Pasangan, Siapa Takut?

PinkKorset.com – Banyak orang grogi saat hendak bertemu keluarga kekasih. Apalagi jika berada di sekelompok orang yang tak dikenal sudah membuat Anda nervous.

Rasanya menakutkan saat Anda pertama bertemu keluarga si dia, terutama ketika ada acara besar. Ini menjadi hal yang sulit, terutama jika Anda mengalami social anxiety atau gelisah saat berada di keramaian.

Menurut Lindsay Bira, Ph.D, dilansir Womenshealthmag.com, social anxiety berakar dari rasa takut seseorang akan menilai buruk tentang diri Anda. “Keluarga memang bisa membuat hal jadi rumit,” ujarnya.

Dalam keluarga, lanjutnya, terdapat banyak orang dengan emosi berbeda-beda. Jika bukan keluarga Anda sendiri, rasanya hal-hal menjadi semakin rumit. Jika mereka berkumpul, Anda mungkin merasa terintimidasi.

Bira pun memberi beberapa strategi bagi Anda untuk menjalaninya dengan lebih tenang.

Terima Rasa Canggung

Perasaan canggung itu normal. Jangan merasa buruk jika Anda mengalaminya. Menerima dan mengerti perasaan gelisah sebelum menghadiri sebuah acara terkadang membantu membuat semuanya berjalan dengan lancar.

Latihan Bicara

Bira menyarankan Anda memikirkan sejumlah skenario yang mungkin terjadi, seperti komentar pasif-agresif dari calon mertua. Belajarlah cara meresponnya dengan sehat. Jangan fokus pada hal buruk apa yang bisa terjadi, namun pada pengetahuan Anda terhadap keluarga itu.

Libatkan Si Dia

Hubungan Anda harusnya membantu menciptakan rasa nyaman. Ini terjadi jika Anda terbuka. “Pasangan harus mengerti perasaan Anda, sehingga ia bisa menolong,” kata Bira. Mintalah pasangan untuk selalu memastikan semua baik-baik saja ketika Anda sedang berinteraksi dengan keluarganya. Ia harus tahu ketika sesuatu melebihi batas.

Jalani Momen

Tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Jika memang perlu, ambil beberapa menit untuk menyendiri. Keluarganya takkan memperhatikan hal ini. Melihat sekeliling dan memperhatikan apa yang dilakukan semua orang, menurut Bira, kadang membantu. “Biasanya, mereka tak begitu memperhatikan.”

Break Sejenak

Bila memang perlu, bersembunyilah di dalam kamar mandi untuk beberapa saat. Anda akan merasa lebih segar dan siap bergabung kembali bersama keluarganya.