Bob Dylan Raih Nobel Sastra

PinkKorset.com – Musisi legendaris asal Amerika Serikat (AS) Bob Dylan terpilih sebagai peraih Nobel Sastra 2016.

Bob Dylan menjadi satu-satunya musisi yang pernah meraih hadiah Nobel Sastra. Legenda rock berusia 75 tahun ini menerima Nobel karena dianggap menciptakan ekspresi puitis di dalam tradisi lagu Amerika.

Lelaki yang lahir dengan nama Robert Allen Zimmerman pada 1941 ini memulai karir musiknya pada 1959 dari kafe ke kafe di Minnesota. Banyak karyanya sudah dikenal sejak 1960-an.

Lagu seperti Blowin’ in the Wind dan The Times They are A-Changin’ menjadi semacam lagu kebangsaan untuk kampanye antiperang dan pergerakan hak sipil. Seiring perkembangan jaman, musiknya pun bergesar.

Bermula dari penulis lagu tradisional folk, ia memadukannya dengan keputusan kontroversial untuk lebih ‘elektrik’. Keputusan itu tepat, Bob Dylan pun menancapkan pengaruhnya di panggung musik negaranya.

Diantara album-albumnya yang terkenal adalah ‘Highway 61 Revisited’ (1965), ‘Blonde on Blonde’ (1966), dan ‘Blood on the Tracks’ (1975). Sejak 1980-an akhir, ia gemar berkeliling untuk tur musik dan menyebutnya ‘Never-Ending Tour’.

Sekian lama, Dylan sudah disebut-sebut layak menerima Nobel. Banyak pakar merasa penghargaan prestisius tersebut layak dianugerahkan ke genre ‘klasik’ seperti folk rock.

Bob Dylan akan menerima penghargaan ini bersama lima kategori Nobel lainnya dalam sebuah seremonial yang selalu digelar pada 10 Desember, bertepatan dengan peringatan kematian Alfred Nobel pada 1896.