Buku Karya Hitler Akan Terbit di Jerman

PinkKorset.com –  Untuk pertama kalinya dalam 70 tahun, buku ‘Mein Kampf’ karya Adol Hitler bisa diperoleh lagi di Jerman.

Munich’s Institute of Contemporary History adalah penerbit yang akan segera mempublikasikan cetakan terbarunya. Setelah larangan pencetakan buku ini berakhir.

Mein Kampf, yang berarti “Perjuangan Saya” pertama kali dicetak pada tahun 1925, delapan tahun sebelum Hitler berkuasa.

Setelah Jerman Nazi kalah pada 1945, pasukan Sekutu menyerahkan hak cipta buku tersebut kepada negara bagian Bavaria. Pemerintah setempat  tidak mengizinkan buku tersebut dicetak kembali untuk mencegah pemicuan kebencian.

Di bawah hukum hak cipta Eropa, hak-hak seorang penulis karya sastra atau seni berlakuu salama kehidupan penulis dan 70 tahun setelah kematiannya. Dalam kasus Hitler adalah pada 30 April 1945, ketika ia diyakini menembak dirinya sendiri di bunker di Berlin.

Hak Hitler berhenti pada hari pertama Januari 2016, 70 tahun setelah kematiannya. Pihak penerbit pun sekarang memiliki akses bebas ke buku ini.

mein-kampf1

Versi baru diharapkan di banyak negara. Sejarawan mengatakan buku ini membantu akademisi memahami apa yang terjadi di era Nazi.

Sebagian kelompok Yahudi menyambut buku tersebut, untuk membantu menjelaskan peristiwa Holocaust. Namun, sebagian lagi menuntut buku itu tidak diterbitkan untuk selamanya.

Penerbitan ulang Mein Kampf, akan disertai dengan ribuan catatan akademik. Tujuannya  untuk menunjukkan, bahwa buku ini inkoheren (menggambarkan kondisi penulis yang memiliki gangguan berpikir) dan  merupakan kisah yang buruk.

Para pejabat Jerman pun akan membatasi akses publik ke buku di tengah kekhawatiran bahwa ini bisa membangkitkan sentimen neo-Nazi.