Cara Berikan Kolostrum pada Bayi Prematur [americanpregnancy]

Cara Berikan Kolostrum pada Bayi Prematur

PinkKorset.com, Jakarta – Bayi prematur belum mampu menyusui. Namun, ada cara jitu memberikan kolostrum agar mendapat segudang manfaat.

Bayi lahir sakit atau prematur sulit melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan mendapatkan kolostrum dari ibu.

Padahal, kolostrum pada hari pertama kelahiran sangat dibutuhkan untuk kekebalan tubuh.

Hal ini karena bentuk tubuh yang cenderung kecil (tidak normal) dan adanya gangguan saluran cerna. Bayi-bayi ini pun biasanya memerlukan perawatan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Dokter Spesialis Kesehatan Anak Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, SpA(K) mengatakan, bayi prematur kini dapat diberikan kolostrum dengan oral immune therapy.

“Pemberian kolostrum secara oropharyngeal metode alternatif untuk bayi yang belum bisa minum lewat mulut,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

bayi-prematur1

Pemberian kolostrum dilakukan dengan mengoleskan langsung ke mukosa mulut menggunakan lidi kapas steril. Mencuci tangan sebelum memberikan kolostrum sangat dianjurkan. Anda dapat melarutkan kolostrum dengan air steril bila jumlahnya kurang dari 0,2 ml.

Kolostrum dapat diserap tubuh melalui jaringan mucosa-associated lymphoid tissue, struktur kelenjar limfoid yang melindungi saluran napas dan saluran cerna.

Pemberian kolostrum secara oropharyngeal melindung bayi melalui 3 cara, antara lain cytokines dan oro faryngeal associated lymphoid tissue (OFALT), mucosal absorption of immunologically-derived factors (IFN-aplha) dan barrier protection afforded by Human Milk Oligosaccharides (HMO).