Cara Mudah Menghemat Baterai Apple [HButler]

Cara Mudah Menghemat Baterai Apple

PinkKorset.com – Kesal karena baterai iPhone Anda cepat habis? Ada beberapa cara mudah untuk membuatnya lebih awet, seperti berikut ini.

Seperti ditulis Tech Times, Apple mendefinisikan ketahanan baterai sebagai jangka waktu penggunaan perangkat sebelum mengisi ulang. Sementara usia baterai adalah lamanya hidup baterai hingga harus diganti.

“Jika memaksimalkan keduanya, Anda akan memiliki pengalaman menggunakan Apple terbaik, produk apapun itu,” tulis Apple.

Berikut tips untuk memaksimalkan ketahanan dan usia baterai, sebagaimana disampaikan Apple di situsnya.

Selalu Perbarui iDevice ke Versi Teranyar

Apapun produk Apple yang Anda miliki, selalui update ke versi terbaru. Saat ini yang terbaru adalah OS X, iOS atau watchOS. Perangkat lunak terbaru selalu memiliki teknologi penghemat baterai. Pastikan perangkat Anda menggunakan versi terkini.

Pengguna iPad, iPhone, dan iPod Touch bisa memperbarui dengan masuk ke Settings > General > Software Update.

Hindari Suhu Tinggi

Hindari perangkat Anda dari paparan langsung suhu tinggi, terutama di atas 35 derajat Celsius, karena akan mengurangi daya baterai. Apalagi, perangkat sedang dalam suhu tinggi atau saat mengisi ulang. Selain baterai, perangkat Apple Anda bisa rusak.

Lepaskan Casing Tertentu Saat Isi Daya Baterai

Beberapa casing bisa membuat gadget Anda cepat panas. Jika Anda kebetulan memakai yang demikian, sebaiknya dilepas saat mengisi daya karena bisa meningkatkan suhu baterai. Paparan suhu tinggi yang terlalu sering bisa mempengaruhi daya tahan baterai.

Jika Ingin Menyimpan, Charge 50% Saja

Jika ingin menyimpan gadget Anda dalam jangka panjang, cukup charge daya setengah penuh saja. Jika Anda mengisinya 100% penuh, jangka waktu baterai malah lebih pendek. Jaga kelembaban tempat penyimpanan, usahakan di bawah 32 derajat Celsius. Ketika sudah lama disimpan dan hendak digunakan lagi, isi dulu dengan charger asli selama 20 menit.

Optimalkan Setting iDevice

Beberapa teknik berikut akan memperpanjang usia baterai perangkat Apple.

  1. Atur kecerahan layar. Nyalakan fitur auto-brightness atau redupkan kecerahan layar.
  2. Jika bisa, prioritaskan penggunaan Wi-Fi ketimbang data seluler karena lebih menghemat daya baterai.

Pengguna MacBook Pro atau MacBook Air sebaiknya mematikan Wi-Fi jika tidak dipakai. Keluar dari aplikasi saat tidak dipakai. Mencabut memori SD dari laptop juga bisa membantu menghemat daya.

Aktifkan Mode Low Power

Fitur berguna ini muncul sejak iOS 9. Saat daya ponsel Anda tinggal 20% atau 10%, fitur ini bisa diaktifkan dengan sekali sentuh. Anda bisa melakukan konfigurasi secara manual pada Settings > Battery. Mode low power akan meredupkan kecerahan layar, menurunkan animasi sistem, dan mengoptimalkan performa. Saat mengisi daya, fitur ini otomatis non-aktif.

Periksa Penggunaan Baterai

Analisa penggunaan baterai bisa Anda lakukan di Settings > Battery. Anda juga bisa mengoptimalkan hidup baterai dengan beberapa strategi ini.

  1. Matikan fitur yang melakukan background refresh. Anda bisa melakukannya di Settings > General > Background App Refresh.
  2. Matikan Location Services di Settings > Privacy > Location Services.
  3. Matikan push notifications aplikasi tertentu di Settings > Notifications. Klik pada app yang dimaksud dan matikan.
  4. Mengubah ke mode airplane bisa membantu menghemat baterai jika Anda sedang berada di area yang sinyal selulernya rendah.

Jangan Charge Pada Perangkat Yang Mati

Jangan mengisi daya iDevice Anda via USB pada komputer yang dalam keadaan mati. Jika memang ingin, pastikan komputer Anda menyala atau dalam posisi standby atau sleep. Mengisi daya pada komputer yang mati malah menyedot baterai gadget Anda.

Selamat mencoba!