Dekranasda Upayakan Suvenir Khas Jakarta [tribunnews]

Dekranasda Upayakan Suvenir Khas Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Jakarta menjaring potensi anak muda sebagai pencipta suvenir khas ibukota.

Jakarta biasanya identik dengan ondel-ondel dan Monumen Nasional (Monas) sebagai ikonnya. Namun dua tahun terakhir, Dekranasda tengah memperkenalkan flora dan fauna ibukota melalui sejumlah kreativitas seni.

Salah satunya, Festival Jakarta Kreatif yang digelar di The Hall Senayan City pada 11-14 Oktober 2016. Festival ini menampilkan bazaar karya pengrajin binaan Dekranasda serta mahasiswa dari lima universitas yang telah diseleksi.

Festival ini merupakan kompetisi desain suvenir Jakarta bertemakan Jakarta Kini, sebuah keragaman budaya dan kekayaan flora dan fauna. Partisipasi lima universitas, diharapkan Ketua Dekranasda Jakarta Veronica Tan, dapat melahirkan desainer baru.

“Arahnya supaya punya suvenir Jakarta,” tutur istri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini dalam pembukaan Festival Jakarta Kreatif di Jakarta.

Kedepannya, karya para pemenang Jakarta Souvenir Design Award akan dipromosikan melalui merek ‘Jakartaku’. Veronica berharap mereka dapat tergabung dalam komunitas yang didukung para peritel dan dididik menjadi pengusaha.

Dukungan pemerintah, lanjut Veronica, terus diupayakan agar produksi para desainer dan pengrajin menjadi banyak. “Sehingga dapat menekan harga dan mampu bersaing di pasar,” paparnya.

Saat ini Dekranasda Jakarta telah memiliki tempat penjualan suvenir Jakarta di Abdul Muis dan gerai di Central Park Mall. Dekranasda Jakarta tengah mengambangkan kerjasama dengan lebih banyak pusat perbelanjaan dan maskapai penerbangan guna mempromosikan suvenir Jakarta.