Bagaimana Diabetes ‘Diwariskan’ Ke Anak? [republica.bg]

Bagaimana Diabetes ‘Diwariskan’ Ke Anak?

PinkKorset.com, Jakarta – Diabetes memang salah satunya disebabkan oleh faktor keturunan. Namun tidak selalu demikian, karena keturunan bukan satu-satunya penyebab diabetes.

Selain gaya hidup tidak sehat, diabetes dapat muncul akibat ‘warisan’ dari orangtua. Faktor genetik pada diabetes ini terjadi akibat kerusakan inti sel yang menyebabkan materi genetik cacat.

Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) Prof. Dr. dr. Agung Pranoto, Sp.PD-KEMD mengatakan, materi gen cacat yang mewarisi informasi diabetes terdapat pada sel telur ibu. Alhasil diabetes dapat menurun kepada anak laki-laki maupun perempuan. Sementara laki-laki tidak memiliki sel telur dan tidak dapat mewarisi gen cacat tersebut.

“Ini pola maternal. Yang selalu bisa mewarisi adalah anak perempuan,” katanya saat acara Hari Diabetes Sedunia 2016 di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Seseorang yang menerima warisan gen diabetes dapat mengendalikan dengan gaya hidup sehat agar tidak terjadi diabetes. Kementerian Kesehatan RI memiliki panduan gaya hidup sehat melalui metode CERDIK. Metode ini meliputi cek kesehatan berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup dan kendalikan stress.

“Tapi ada pula cacat gen yang menyebabkan diabetes tanpa dapat dikenadlikan gaya hidup sehat. Tapi persentasenya sangat kecil,” pungkasnya.

Sample Registration Survey (2014) melansir data diabetes di Indonesia menduduki peringkat tiga penyebab kematian di Indonesia dengan persentase 6,7% setelah stroke (21,1%) dan penyakit jantung koroner (12,9%).

Sementara data International Diabetes Federation (2015) menyebutkan 415 juta orang dewasa di dunia terkena diabetes dan sebagian besar mengidap diabetes tipe 2. Angka ini diperkirakan terus bertambah hingga 642 juta atau 1 dari 10 orang dewasa terkena diabetes pada 2040.