Dua Jenis Kanker Ini Dapat Diwariskan [robertanagourney/cliparts]

Dua Jenis Kanker Ini Dapat Diwariskan

PinkKorset.com, Tangerang – Dunia medis belum bisa memastikan penyebab terjadinya kanker. Namun, ada dua jenis kanker yang terbukti bisa diwariskan.

Konsultan Kanker Anak RS. Kanker Dharmais, dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA mengatakan, meski masih dianggap misteri, faktor keturunan diketahui dapat memicu kanker.

Ia pun menuturkan, hanya ada dua kanker yang terbukti dapat diturunkan secara genetik, yakni kanker payudara pada orang dewasa dan kanker bola mata (retinoblastoma) pada anak.

“Misalkan ibu dengan kanker payudara dapat menurunkan risiko kanker payudara kepada anak perempuannya. Begitu pula retinoblastoma dapat menurunkan kepada anak laki-laki maupun perempuan,” katanya di Tangerang baru-baru ini.

Ia pun menghimbau orangtua yang memiliki riwayat keluarga dengan retinoblastoma, perlu rutin memeriksakan anaknya ke dokter mata. Ini upaya deteksi dini. “Sejak lahir anak harus cek ke dokter mata. Setidaknya setiap bulan cek dengan jangka lima tahun untuk mendapatkan keterangan bebas retinoblastoma,” ujarnya.