Dua Versi Hari Kopi Internasional

PinkKorset.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap petani kopi, banyak negara merayakan Hari Kopi.

Awalnya ada dua versi soal tanggal peringatan Hari Kopi Internasional. Versi pertama menyebut 29 September, sementara lainnya menyebut 1 Oktober untuk International Coffee Day .

Setidaknya, ada 17 negara yang merayakan Hari Kopi pada 29 September, seperti Amerika Serikat (AS), Kanada, Jepang, Skotlandia, Ethiopia, Britania Raya, dan Australia.

Dengan adanya dua versi tersebut, negara-negara yang tergabung dalam International Coffee Organization (ICO) pun menggelar pertemuan pada Maret 2014 untuk membuat satu hari perayaan bagi pencinta kopi seluruh dunia.

Akhirnya muncullah 1 Oktober sebagai International Coffee Day, yang kemudian diresmikan oleh ICO di Kota London, Inggris pada 2015.

ICO adalah organisasi antar pemerintah untuk kopi untuk menyatukan ekspor dan impor menghadapi tantangan perkopian dunia melalui kerjasama internasional. Awalnya 74 negara, dan kini 77 negara dan 24 asosiasi kopi tergabung dalam ICO. Mereka mewakili 98% produksi kopi dunia dan 83% konsumsi dunia.

Hari Kopi Internasional menjadi perayaan global perjalanan kopi dari hulu ke hilir. Peringatan ini juga merupakan kesempatan menghormati para petani kopi yang tumbuh dan panen bersama kopi yang dinikmati bersama.